Komposisi Pakan Puyuh Petelur


Budidaya burung puyuh cukup berpotensi tinggi sebagai salah satu bisnis kerakyatan, namun dengan pakan buatan pabrik untuk burung puyuh yang harganya selangit bisa membuat para peternak kecil khawatir. Padahal, makanan ternak pabrikan tidak selalu bisa diandalkan, sebab itulah harus bisa mencari alternatif lain. Makanan puyuh pabrikan tidak dapat diandalkan karena selain harganya sewaktu-waktu bisa melambung tinggi. Agar lebih aman komposisi pakan puyuh petelur bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang murah yang berasal dari daerah sendiri.

Artikel Terkait : Cara Membedakan Puyuh Jantan dan Betina

Meskipun komposisi pakan puyuh petelur buatan sendiri ini bertujuan untuk menekan biaya produksi dalam peternakan burung puyuh, tetap harus diperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh ternak puyuh. Kebutuhan energi dan protein dari burung puyuh harus dapat dipenuhi dari makanan yang diberikan. Pada dasarnya, burung puyuh membutuhkan energi sebesar 2.700 kkal sedangkan protein sebesar 22%.



Tiga Bahan Campuran Pakan Puyuh Petelur

Apabila dihitung banyaknya pakan yang harus diberikan untuk burung puyuh, perekor membutuhkan pakan sebanyak 22-23 gram per hari. Dengan membuat komposisi pakan puyuh petelur sendiri, diperkirakan biaya pakan yang diperlukan bisa ditekan sebesar 1000 rupiah untuk per kilogram pakan. Ini akan sangat terasa karena banyaknya pakan yang diberikan bisa puluhan kilogram per harinya.

Artikel Terkait : Membuat Kandang Puyuh Bertingkat

komposisi pakan puyuh petelur yang saya gunakan berupa konsentrat dari pabrik  yang dicampur dengan jagung halus, dan bekatul. “Komposisi bahan pakannya disesuaikan dengan saran pabrik yang mengeluarkan konsentrat,” Meskipum memang lebih murah jika kita menyusun pakan puyuh dari bahan-bahan yang kita buat sendiri misalnya tepung ikan, ampas tahu, tepung daun ketela pohon. Tetapi hal tersebut akan membuat kita kesulitan untuk membuatnya untuk kebutuhan banyak dan terus menerus, juga memakan waktu dan tenaga. Jika komposisi pakan selalu berubah karena ketidaktersediaan bahan maka akan menurunkan produksi telur. Lebih aman jika kita menyusun pakan dari bahan yang mudah didapat meskipun sedikit lebih mahal.


Di halaman ini saya khusus membahas Komposisi Pakan Puyuh petelur berdasarkan sistem coba-coba tetapi dengan berpatokan perkiraan banyak maksimum bahan pakan yang tercantum di tabel. Langsung aja ke topik..

Karena keterbatasan ketersediaan bahan yang ada pada setiap daerah di sini saya menggunakan konsentrat ayam petelur, karena konsentrat khusus puyuh atau pakan puyuh petelur yang sudah jadi dari pabrikan sulit didapatkan. Sedangkan bahan lainnya cuma memakai dedak halus dan jagung halus. Dari hasil coba-coba didapat hasil akhir :
Bahan dan Takaran Pencampuran Pakan sbb:
  •  Pakan Jadi Konsentrat ayam petelur   = 1 sak (50 kg)
  •  Dedak Halus                                        = 15 kg
  • Jagung Halus                                       = 35 kg

Dari pencampuran tiga bahan di atas diperoleh perhitungan sebagai berikut :

Bahan Pakan
   Protein %
Jumlah %
Jmlh Protein %
Energi  (kkal)
Jmlh Energi (kkal)
Konsentrat
34
50
17
2500
1250
Dedak  Halus    
11
15
1,65
1890
283,5
Jagung Halus
8,6
35
3,01
3400
1190
Jumlah Kandungan

21,66

2723,3


Dari pencampuran tiga jenis bahan tersebut akan didapatkan kandungan protein 22% dengan energi metabolisme sebesar 2700 kkal. Sudah sesuai dengan kebutuhan puyuh saat umur masa bertelur.


Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Inverter pengubaha tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118 atau Chat WA 085669318076 , transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI







60 komentar:

  1. cara menghitung jumlah protein dan energi di tabel hasil campuran bahan gimana pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Delete
  2. (nilai protein atau energi bahan pakan x jumlah bahan pakan)dibagi 100 = jumlah protein atau energi bahan pakan

    ReplyDelete
  3. apakah ada cara untuk membuat pakan sendiri tanpa harus mencampur bahan pabrik yang sudah jadi? kalo ada mohon pencerahannya agar biaya pakan bisa ditekan seminimal mungkin. terima kasih

    ReplyDelete
  4. bisa tapi sudah saya jelaskan diatas, untuk meracik pakan sendiri harus ada kesediaan bahan didaerah kita, misal membuat tepung ikan, tepung kulit kerang, tepung daun singkong, jagung, dedak halus, bungkil kelapa, bungkil kedelai dll. Nah.. apakah kita sanggup memenuhinya apalagi dalam jumlah yang besar dan tenaga yang dibutuhkan

    ReplyDelete
  5. hehe, betul juga pak, memang didaerah saya bahan-bahan seperti itu bisa dikatakan tidak ada.

    ReplyDelete
  6. Kandungan Nutrisi (%)
    Protein Lemak Serat Kasar Abu Air Ca P
    20-22 4-7 Max 6 Max 14 Max 12 3.5 - 4.0 0.6 - 0.8

    Dengan Komposisi tersebut bagaimana saya bisa mencari bahan campuran yang tepat dan tentunya murah. semoga bapak berkenan membantu, terima kasih

    ReplyDelete
  7. patokan yang utama adalah kandungan protein dan energi, kalau masalah kandungan yang lain itu pakan buatan pabrik

    ReplyDelete
  8. pak dari rumus di atas itu untuk jangka waktu berapa hari ya ??? tolong infonya. soalnya kalau beli pakan pabrikan 1 sak untuk jatah 10 hari. jadi kalau rumus di atas di gabungkan itu bisa di gunakan untuk berapa lama ya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau 1000 ekor burung butuh 22 kg pakan perhari, perhitungan di atas 100 kg, jadi 100 kg/22 kg = 4 hari

      Delete
  9. Pak kalau pakan ayam petelur y ngoplos dr pabrikan perorangan apa bila di campur dengan dedak dan jagung apa tetap bisa memenuhi syarat yaa pak makasih .. Dan biasa ada efek samping tau sisi negatif y kalau pakan buatan tau campuran yg saya mau tanya kan apa ada kendala setelH bpk ngenggunakan pakan campuran ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl mau mencampur harus tahu komposisi protein dan energi pakan dari pabrikan perorangan tersebut ya

      Delete
  10. knapa kok pakek pakan ayam petelur, kok gk pakek pakan puyuh aja, mohon penjelasannya, ingin tau soalnya mau beternak puyuh, mohon maaf bila ada salah kata

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena pakan khusus puyuh tidak ada di daerah saya, kl ada mendingan beli pakan puyuh yang sudah jadi gak capek mencampurnya ya

      Delete
  11. Kalau pakai pakan puyuh jd tambah dedak 15 kg 35 jagung apa perlu pakai mineral lagi tau premix ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl pakan berdasarkan komposisi saya ini tidak perlu lagi ditambah mineral krn di konsentrat ayam petelur itu sudah ada mineralnya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  12. Klu kosntr 34 50 = 17
    Dedak 11 35 = 3,85
    Jagung 8,6 15 = 1,29
    Total 22,14
    Efek nya apa ? Klu bahan baku y d balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya energinya tidak sampai 2700 kkal, sehingga puyuhnya kurang energi sehingga menurunkan produksi

      Delete
  13. trmakasih penjelasanx atas komentar tman
    2 diatas smga bermamfaat, kalau untuk DOC umur 1 hari (msa pertumbuhan) untuk kebutuhan konsentratnya bagaimana...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau doc puyuih tidak perlu pakai konsentrat kasih saja pakan ayam pedaging yg sudah jadi untuk umur 1-28 hari

      Delete
  14. trmakasih penjelasanx atas komentar tman
    2 diatas smga bermamfaat, kalau untuk DOC umur 1 hari (msa pertumbuhan) untuk kebutuhan konsentratnya bagaimana...?

    ReplyDelete
  15. & bagaimana carax membuat jamu alami untuk mengantisipasi trhadap penyakit & akibat perubahan cuaca & suhu...trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya kalau masalah jamu saya belum menguasai

      Delete
  16. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  17. Tulisan bagus sangat membntu

    ReplyDelete
  18. Luar biasa artikelnya,, post lagi donk mengenai kendala2 ternak puyuh pak,kandang,pakan uda ada tinggal kendala2nya belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih atas pujiannya ya, nanti lain waktu akan saya tambah lagi artikelnya terutama tentang kendalanya ya

      Delete
  19. Dedak halus 100 kg+jagung giling 50kg+kosentrat puyuh 50kg+mineral 4 kg.apa bisa pak? Tolong bantuan hasil penjumlahan di atas. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber energi utama didapat dari jagung, memang jika dihitung jumlah proteinnya mencukupi tetapi jumlah energinya tidak sampai 2700 kkal, jadi puyuhnya kurang energi sehingga produksi berkurang

      Delete
  20. Supaya tidak kanibal ketika awal bertelur gimana pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada umur 25-30 hari paruh burung dipotong atau dibakar dengan lilin, jika awal bertelur nanti puyuhnya stress sehingga berhenti bertelur

      Delete
    2. tambahan, puyuh tidak kanibal tapi sering mematok buluh bagian punggung temannya sehingga rontok akibatnya puyuh mudah digigit nyamuk, kl kanibal berarti saling memakan sesama

      Delete
  21. Klo cargil boras cocok gak pak untuk puyuh DOC 1sampai30hr,,,
    Mohon penjelasannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl mrek itu saya tidak paham, untuk doc cukup pakan anak ayam saja

      Delete
  22. Assalamualikum,
    Pak dr 3 bahan yg di campur td,apakah sdh terbukti??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terbukti krn hasil penemuan saya sendiri bukan dari teori saja, silahkan di praktekkan ya

      Delete
  23. Dan satu lg pak,kalo kosentrat 50 kg,bhan campuran dedak & jagungnya brapa kilo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini komentar dari blog walker, bertanya tapi tidak baca artikel, tp trimakasih atas kunjungannya

      Delete
  24. Dan satu lg pak,kalo kosentrat 50 kg,bhan campuran dedak & jagungnya brapa kilo??

    ReplyDelete
  25. Trima kasih untuk artikelnya pak,sangat bagus dan mmbantu saya untuk menambah pengetahuan sebelum terjun keusaha ini
    Dengan ransum bpk diatas,rata2 brp prosentase telurnya per hari dan prosentase trsbut bs brthan brp lama(afkir) pak
    Dan apakah ada tmbahan obat atau vitamin lainnya pak?
    trima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. persentase 80-90 %, lama apkir 1,5 tahun. cukup beri vitamin anti stres pada air minum selang satu hari , trimakasih atas kunjungannya

      Delete
  26. Kalo knsentrat ayamnya,diganti dengan pakan puyuh biasa yg sudah jadi gimana pak,apakah masih cocok dengan pola ransum bpk trsbut?
    Dan pemberian vitamin anti stresnya gmna pak,apakah tiap hari diberikan ato gmna?
    Trima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl pakai pakan puyuh jadi tidak usah dicampur, yg salah tulis disini pakan alternatif krn tdk semua daerah ada pakan puyuh jadi, meskipun ada mahal, antistress diberikan selang satu hari

      Delete
    2. Tolong min di jelaskan yg dimaksud pakan jadi konsentrat ayam sama pakan jadi puyuh petelur sebut saja bp104.yg disebut di atas yg mana y

      Delete
    3. maaf saya tidak bisa menyebut mrek ya, silahkan cari konsentrat ayam petelur disemua toko pasti tahu, malah menyebut bp104 toko pakan ternak nanti bingung

      Delete
  27. bos untuk puyuh aq pake ransum:
    bp 104 =12,5kg
    layer 124p=3kg
    bekatul halus 7,5kg
    untuk 1000 ekor puyuh apakah sudah mencangkup untuk kebutuhan pokok dari yang di butuhkan puyuh per hari

    ReplyDelete
  28. bos untuk puyuh aq pake ransum:
    bp 104 =12,5kg
    layer 124p=3kg
    bekatul halus 7,5kg
    untuk 1000 ekor puyuh apakah sudah mencangkup untuk kebutuhan pokok dari yang di butuhkan puyuh per hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya tidak mengeenal bp104 dan 124p, jadi tidak tahu kandungan protein dan energi metaabolismenya

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Salam sukses n sehat sll..
    Maaf pak sy mo nanya n mohon pencerahannya formula ransum yg sy gunakan ;
    sentrat ksl sp (protein 35-37%) : 40kg
    jagung halus : 20kg
    dedak : 40kg
    apkh itu sdh memenuhi kebutuhan puyuh? trmksh sblmnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari komposisi tersebut saya hitung besar proteinnya 21%, tetapi energi metbolismenya kurang dari 2700 kkal, jadi puyuhnya kurang energi

      Delete
    2. untuk menambah energi, bahan penghasil energi utama diperbanyak persentasenya, jagung merupakan sumber energi utamanya, misal buatalah susunan 40K: 40J : 20D

      Delete
  31. Terimakasih banyak pak atas jwbnnya, akan sy terapkan pak arahan dr bpk,, salam sukses n sehat sll pak

    ReplyDelete
  32. Trimakasih pak Asri artikelnya berbobot sekali,tapi yg bermasalah dedak nya pak,gimana caranya agar dedaknya tidak cepat tengik,bab kalau udah bau tengik puyuhnya tidak mau makan

    ReplyDelete
  33. Konsentrat yg digunakan merk apa ya pak?trus konsentratnya memang harus di campur?

    ReplyDelete
  34. Konsentrat yg digunakan merk apa ya pak?trus konsentratnya memang harus di campur?

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.