Cara Memperbaiki Layar Tv yang Rusak


Selain kerusakan pada rangkaian RGB, kerusakan warna tv bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada CRT itu sendiri. Kali ini saya membahas mengenai beberapa macam masalah / kerusakan yang ada hubungannya dengan layar crt.

Katoda RGB Short terhadap G1
Tampilan layar akan menampilkan warna yang tidak normal, kehilangan satu atau dua warna primer (RGB), juga bila salah satu warna dominan terhadap yg lain dan di sertai garis blanking. Penting untuk bisa memastikan beda antara kerusakan pada CRT atau pada blok RGB circuit. Kita bisa menggunakan alat yang bernama CRT RESTORER GUN ( penembak crt/layar) yang siap pakai tetapi alat tersebut relatif mahal bagi kebanyakan teknisi. Solusinya adalah Membuat dan Merakit Sendiri CRT Restorer Gun.


CRT sebuah TV

Heater Short terhadap Ground/ G1
Disini akan saya coba memberikan sedikit tips untuk mengatasi hal ini dimana kaki salah satu katoda short terhadap heater ini menyebabkan short terhadap ground juga, karena jalur supply heater berhubungan dgn jalur ground pada FBT. Solusinya adalah tentunya kita harus memisahkan jalur supply heater ini terhadap ground yaitu dengan memberikan jalur suply tersendiri untuk heater. Kita ambil darimana teganagn heater tersebut, tidak mungkin kita menggunakan trafo FBT lagi untuk mengambil tegangan heater. Caranya dengan memanfaatkan fungsi FBT itu sendiri, karena FBT itu adalah sebuah transformator maka untuk mendapatkan tegangan ekstra dari FBT adalah cukup dengan melilitkan beberapa gulung kawat /kabel ke bagian ferrite dari FBT. Tentu hasilnya masih berupa tegangan AC frekwensi tinggi,gunakan dioda IN4007 dan elco 100uF/50V jika dierlukan untuk meratakannya jika tidak perlu coba hubungkan langsung ke terminal heater sudah saya coba hasilnya bagus. Pastikan sebelum memasangnya ke terminal heater bahwa tegangan yg terukur adalah sekitar 6Volt dengan menambah atau mengurangi jumlah lilitan biasanya antara 2 sampai 4 lilit. Catatan bahwa rangkaian ini tidak boleh sama sekali berhubungan dengan jalur ground pada PCB TV jika kita ketahui heater short terhadap ground jika tidak boleh menyentuh ground. Putuskan kedua jalur heater pada pcb RGB ,dan solder dua buah kabel untuk menuju ke rangkaian ini.Buat tempat tersendiri secara rapih. Cara ini telah menolong saya pada kasus layar CRT SONY Trinitron, baik yg 29 maupun 20.

Screen/G2 Alternatif
Screen alternatif adalah cara untuk menggantikan fungsi dari screen FBT yang tidak normal kurang terang/bright atau tak dapat diatur lagi karena sudah dilem secara permanen, ini biasa terjadi pada tv mrek polytron,digitec,samsung dll. Secara default ,G2 (Screen) mengambil tegangan tinggi searah yang dihasilkan dari FBT bersama dengan tegangan fokus. Keduanya diatur secara internal oleh resistor dan potensio internal untuk membagi besaran tegangan yang sesuai untuk Focus dan Screen.G2 memerlukan besar tegangan antara 500-100Volt DC, tergantung dari karakteristik CRT.

Untuk dapat menghasilkan tegangan pengganti sebesar ini ,kita dapat mengambil dari titik collector Transistor Horisontal out,karena pada titik ini terdapat tegangan hasil osilasi antara TR dan lilitan FBT yang cukup besar ( sekitar 1600v ACp-p). Karena besaran arus untuk G2 adalah relatif kecil (hanya dalam ukuran mA),maka aman bagi kita untuk sedikit mengambil arus dan tegangan dari sini.  Metoda ini juga memang diterapkan oleh SONY yang menggunakan CRT TRINITRON.



Gunakan dioda tegangan tinggi (disarankan dioda kacang) untuk meratakan tegangan ini. Resistor 100 ohm adalah semata sebagai pembatas juga fuse untuk menghindari terjadinya short pada rangkaian, resistor dan potensiometer pembagi adalah relatif ukurannya, tapi harus dalam batasan ukuran mega ohm. Kita dapat mengganti nilai disini untuk mendapatkan hasil tegangan yang diinginkan. Dulu cara ini banyak saya terapkan pada TV digitec , polytron dan beberapa monitor. Rangkaian ini sangat mudah di buat dan dapat bekerja dengan baik.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI




1 komentar:

Note: Only a member of this blog may post a comment.