Cara Mengetes MOSFET dengan Menggunakan Multitester

Transistor merupakan salah satu Komponen Elektronika Aktif yang paling sering digunakan dalam rangkaian Elektronika, baik rangkaian Elektronika yang paling sederhana maupun rangkaian Elektronika yang rumit dan kompleks. Transistor pada umumnya terbuat dari bahan semikonduktor seperti Germanium, Silikon, dan Gallium Arsenide. Secara umum, Transistor dapat dibagi menjadi 2 kelompok Jenis yaitu Transistor Bipolar (BJT) dan Field Effect Transistor (FET)/MOSFET.

Sama seperti transistor bifolar, FET/MOSFET mempunyai dua type yaitu N-MOSFET dan P-MOSFET.  Cara kerja MOSFET hampir mirip dengan transistor bipolar (transistor biasa yang sering kita jumpai). Semua MOSFET mempunyai sebuah saluran gerbang (gate), cerat (drain) dan sumber (source) yang kira-kira sama dengan basis, kolektor dan emitor pada BJT. Jika transistor bipolar membutuhkan tegangan yang dapat menyediakan “arus bias” yang cukup untuk Basis agar dapat mengontrol arus Kolektor – Emitor. Maka MOSFET hanya membutuhkan “tegangan drive” dan hampir tidak membutuhkan arus drive untuk Gate sama sekali untuk dapat mengontrol arus Source – Drain . Kaki MOSFET  dan fungsinya yakni :

Gambar Sebuah MOSFET

GATE (G) yaitu kaki input
DRAIN (D) yaitu kaki output
SOURCE (S) yaitu kaki sumber




Fungsi umumnya dipakai pada rangkaian power supply type switching untuk menghasilkan tegangan tinggi yang menggerakkan trafo frekuensi tinggi. FET/ MOSFET pada rangkaian power supply type switching dipakai pada sebagian regulator TV, inverter, UPS dan sebagainya.

Pada pendidikan formal tidak diajari cara mengetes transistor masih baik atau rusak, jadi ketika pertama mengenal FET/MOSFET saya sempat bingung, bagaimana cara mengetahui apakah masih baik ataukah sudah rusak? Pakai multitester pun hasilnya jarum tidak bergerak sama sekali.



GATE (G) yaitu kaki input
DRAIN (D) yaitu kaki output

SOURCE (S) yaitu kaki sumber



Cara Mengetes MOSFET N-Kanal

Secara tak sengaja saya menemukan cara mengetes MOSFET N-Kanal yaitu MOSFET regulator TV Polytron FS7UM, dengan menukar-nukar posisi probe merah dan probe hitam di kaki-kaki MOSFET akhirnya menemukan dua kaki yang terhubung seperti dioda yaitu kaki D dan S (D = probe hitam, S = probe merah). Kemudian secara tak sengaja menghubungkan probe merah ke kaki G dan probe hitam di S, setelah itu dengan tak sengaja saya pindahkan probe merah ke D, ternyata jarum multitester bergerak sampai nol, padahal sebelumnya tidak bergerak sama sekali. Kupikir MOSFET ini sudah rusak ya? Dengan cara tak sengaja lagi saya hubungkan probe hitam di G kemudian dengan segera saya ukur lagi kaki D dan S ((D = probe merah, S = probe hitam). Laah... ko tidak terhubung lagi, kenapa membingungkan begini? itulah pikiran pada saat itu. Setelah bingung dan pusing memikirkan keadaan itu saya tinggalkan eksperimen dan istirahat, sambil minum dan makan saya berpikir dan menemukan solusinya. Kesimpulannya sebuah MOSFET akan menghubungkan kanal D dan S apabila G diberi muatan positif, Kanal D dan S akan tertutup jika G diberi muatan negatif (ini berlaku untuk MOSFET type N-Kanal). Ternyata mengetes MOSFET justru lebih cepat dan sederhana dibandingkan dengan mengetes transistor biasa dengan menggunakan multitester analog atau digital. Dari uraian penemuan tak sengaja di atas berikut saya berikan langkah-langkah mengetes MOSFET N-Kanal :
  1. Pertama, untuk multitester analog tukar posisi kabel merah di negatif multitester dan hitam di positif multitester, tujuannya supaya polaritas batere di multitester sesuai dengan warna kabel. Multtitester digital tidak perluh ditukar posisi kabelnya.
  2. Pindahkan selektor pada posisi ohmmeter di x10 (analog), pindahkan selektor di bagian ohmmeter bergambar dioda (digital).
  3. Temukan pin Gate, Drain dan Source pin. Dari buku semikonduktor dan Datasheet dari mesin pencari atau dari mengukurnya dengan multitester
  4. letakkan Probe merah di G dan probe hitam di S, kemudian pindahkan probe merah ke D probe hitam tetap di S, jarum multitester bergerak ke nol berarti kanal D dan S terbuka (sebelumnya tertutup)
  5. Angkat probe hitam dari S dan pindahkan ke G probe merah tetap di D, lalu pindahkan lagi probe hitam ke S, maka jarum multitester tidak bergerak dikarenakan kanal D dan S sudah tertutup kembali.
  6. Ini adalah contoh MOSFET yang kondisinya baik. Jika terlihat bahwa semua hasil yang diukur pointer (jarum penunjuk) bergerak menuju nol ohm dan tidak akan melepaskan, maka MOSFET dianggap korsleting dan perlu penggantian.
  7. Pengujian saluran P-FET transistor efek medan caranya sama seperti ketika memeriksa saluran N-MOSFET . Yang harus dilakukan adalah untuk membalik polaritas probe ketika memeriksa saluran P-MOSFET. Pastikan Anda menggunakan meter yang memiliki jangkauan x10 ohm .


11 komentar:

  1. Siiiip artikelx brow...jd tmbh ilmu niich,d tunggu kelnjutanx..sucses

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimaksih atas kunjungan dan komennya ya

      Delete
  2. Gan kalo input nya kecil sebelah itu apa yg rusak kalau volume kenceng sember pas ane cabut kabel input nya yg satu normal yg satu ga ada volume kenceng baru ada itu apa nya gan yg rusak

    ReplyDelete
  3. Gan kalo input nya kecil sebelah itu apa yg rusak kalau volume kenceng sember pas ane cabut kabel input nya yg satu normal yg satu ga ada volume kenceng baru ada itu apa nya gan yg rusak

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
  5. om mohon bantuan om. saya 4 channel bridgeable mosfet aplifier. merk accelera. kondisi ny sekarang lampu indikator on hidup. cma gak ngeluarin suara. kemaren saya cek TR 3 buah rusak saya gant dengan ukuran yg sama. saya coba hidupkan malah jebol lagi. gak hidup. kira2 apa nya om yg perlu di

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti tr yg rusak dengan yg ori, sebelum penggantian cek dulu bagian driver yg mensuply teg. ke basis tr atau mosfet tersebut, biasanya bagian driver yg rusak jika setelah penggantian langsung jebol lagi, krn 3 tr rusak pasti ada penyebab dari rangkaian sebelum atau sesudahnya

      Delete
  6. saya punya mosfet dengan kode 60R360P / ER5240KGP rusak mau ganti kesusahan carinya seandainya bisa di ganti yang lain nilai nya yg gimana ya untuk mos tvled 32 samsung...

    ReplyDelete
  7. assalamualaikumm
    maaf saya tanyak, saya punya mosfet dengan kode k 2996 kalo boleh tau itu model mosfet apa ya ??
    kalo misalkan mw diganti atau beda kodenya gimana ya
    trimas

    ReplyDelete
  8. Lama2 ni mosfet yg msh bgs klo d ukur kok mirip scr ea. Xixi

    ReplyDelete
  9. kang saya mau tanya saya punya mosfet irfz44n udah saya coba tapi terhubung semua dari G ke S terhubung dari G ke D terhubung dari S ke D terhubung juga, udah di bolak balik juga arus nya masih aja terhubung apa itu sudah rusak πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.