Kerusakan Tv Polytron Gambar Menyempit Kiri kanan dan tidak Ada Raster

Dulu sewaktu saya masih menjadi tukang servis elektronik sering sekali menemukan kerusakan tv polytron dengan ciri gambar menyempit kiri kanan dan tidak ada raster hanya blank putih polos juga tidak ada OSD. Gambar kiri kanannya terlihat hitam dengan lebar sekitar 3-5 cm. Kerusakan seperti ini ditemukan pada semua generasi tv polytron dari tv polytron yang masih cembung sampai yang berlayar datar dari yang 14 inch sampai 29 inch. Maaf saya tidak menyebutkan typenya karena banyak sekali type tv polytron. Kerusakan seperti ini diikuti juga dengan tidak berfungsinya remote juga semua tombol panel pada tv.

Baca juga : Kerusakan Warna pada Televisi 

Kerusakan  polytron gambar menyempit kanan kiri dan tidak ada raster ini disebabkan tidak adanya supply tegangan sebesar 5 volt vcc ke ic program. Pada tv polytron ada yang menggunakan ic program yang terpisah dan ada juga yang menyatu dengan ic krhomanya seperti pada ic tunggal IC HBT-00-01G. Kerusakan polytron gambar menyempit kiri kanan dan tidak ada raster ini biasanya disebabkan oleh kesalahan kita sendiri. Misalnya pada awalnya kerusakan tv ini hanya susah dihidupkan alias terprotek, bisa hidup sebentar terus kembali lagi ke posisi standby. Setelah penggantian elko C402 = 10 uf/63 volt, permasalahan teratasi kemuan setelah menyalah beberapa menit timbul masalah baru yaitu tv polytron gambar menyempit kiri kanan dan tidak ada raster. Kerusakan ini ditandai mengepulnya asap pada R517 = 180 ohm dekat T504 C2328A, dan disebelahnya ada diode zener  D512 = 5,6 V biasanya juga kena. Jika masih kesulitan menemukan R517 coba ditelurusi jalur dari trafo regulator dengan output tegangan 12 volt, dari penelurusan ini pasti kita akan menemukan R517  tersebut.

Baca juga : Kerusakan Raster Satu Garis Horizontal



Tv Polytron Gambar Menyempit Kiri Kanan dan tidak Ada Raster

Segera saya ganti transistor T504=C2328A,R517=180ohm, dan di sebelahnya ada diode zener D512=5,6V juga ikut short,setelah saya ganti semua komponen yang bermasalah tersebut,kini giliran pengecekan nilai resistansi antara pin 5v IC HBT-00-01G terhadap GND, karena kemungkinan terbakarnya R517 tersebut masih terjadi hubung singkat dijalur 5v tersebut,ternyata benar antara jalur 5V dan GND masih terkonek alias short,ubeg  lagi di semua komponen yang berhubungan dengan jalur 5v,ternyata masih ada 1 biang kerok ngumpet di board panel tv di bawah CRT yaitu diode zener D703=5,6v short juga,langsung ganti dengan yang baru dan cek lagi nilai ohm antara jalur 5V dan GND sudah tidak konek lagi.

Baca juga : Kerusakan pada Blok Horizontal Televisi

Setelah cek ulang sudah tidak ada lagi yang bermasalah persiapan untuk pengetesan dan akhirnya tv polytron sudah bisa hidup dengan normal dan gambar cling. Demikianlah cara memperbaiki kerusakan tv polytron gambar menyempit kanan kiri dan tidak ada raster juga OSD.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.