Kerusakan TV yang Mudah Diperbaiki

Tv Mati Total (Matot)
Kerusakan tv mati total (matot) bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut :
  • Sekering putus, tapi penyebab dari sekering putus ini yang perlu kita pikirkan, sekering pada tv jarang putus kecuali ada komponen lain yang rusak, biasanya komponen penyebab sekering putus akibat dari transistor power yang konslet.
  • Dioda penyearah yang menyuplai tegangan 115 volt ke flyback (FBT) konslet
  • Transistor horizontal konslet
  • Flyback rusak biasanya konslet
  • Terjadi retakan solder pada kaki-kaki komponen terutama pada IC khroma


TV Polytron Minimax Sulit Dihidupkan  (Idikator Led Menyalah)
Ganti elko keluaran regulator yang menyuplai tegangan 50 volt, nilai elko tersebut 10 uF 63 volt yang biasanya kering dapat diganti dengan yang senilai atau lebih besar misal 100 uF 100 volt

Gambar Tv Bergaris Tebal  Suara Normal


Ganti elko 10 uF 250 volt, atau 22 uF 250 volt yang menyuplai tegangan 180 volt ke PCB dibelakang tabung, gambar menjadi bergaris-garis disebabkan turunnya tegangan 180 volt dc ke PCB tabung, karena elko ini biasanya kering.


Gambar Tv Normal tetapi ada Garis-garis Kecil di Atas Layar


Kerusakan ini terjadi di bagian supply tegangan di bagian vertikal. Ganti elko 1000 uF di keluaran FBT 24 Volt yang mensupply tegangan ke Ic vertikal. Elko ini biasanya sudah berubah nilainya atau mungkin cairannya bocor dengan terlihat adanya warna kecoklatan didekat elko, atau bagian atasnya sudah mengembung.


Tv Sharp bersuara Glodok-glodok


Kerusakan ini terjadi pada settingan Ic memori yang telah berubah, buka menu pengaturan suara dan ganti ke sistem BG jika pengaturannya terubah ke sistem yang lain. Jika sudah tidak dapat dibah ganti Ic memori dengan memori copian dari Tv sharp yang sejenis atau sistem kanibal.

Tv LG Hilang Suara tetapi IC Penguat Suara Baik


Kerusakan ini terjadi pada sistem pengaturan suara yang terubah sendirinya oleh pengaruh terpencetnya remot yang tak sengaja atau mati listrik tiba-tiba , atau pengaruh petir dan lain-lain. Buka Pengaturan Menu Servis, lalu cari pengaturan suara dan cobalah beberapa pilihan yang ada.


Tv Hidup tetapi ada Suara Petasan di Dalam Tv


Ini bertanda Flyback Tv sudah bocor. Coba buka penutup belakang Tv dan hidupkan Tv, perhatikan dari arah mana lokasi bocornya (hati-hati  kita jangan terlalu dekat dengan tv bahaya), jika telah diketahui lokasinya cobalah lem pakai lem besi, tetapi jika tidak mempan cepat ganti flyback, karena jika terus-terusan keluar percikan api di flyback biasanya akan mengakibatkan kerusakan pada Transistor Horizontal.


Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.