Cara Memperbaiki Speaker Aktif


Bagi teknisi elektronik pemula mereparasi atau memperbaiki speaker aktif merupakan media yang tepat untuk mempraktekkan teori yang didapatkan  dari guru tempat mereka belajar atau dari artikel di internet.  Ini sebabkan speaker aktif memiliki rangkaian yang sederhana dan mempunyai relative sedikit komponen. Komponen-komponen aktif yang mudah mengalami kerusakan hanya terdiri transistor yang sangat mudah untuk diketahui dan dites kerusakannya.

Sambil membahas berbagai kerusakan speaker aktif, lebih baik kita mengetahui bagian-bagian dari speaker aktif tersebut. Hal ini bertujuan supaya sewaktu kita memperbaiki speaker aktif tidak salah ubeg yang akan berakibat memakan waktu perbaikan dan bertambahnya kerusakan yang terjadi. Berikut bagian-bagian dari speaker aktif beserta kerusakannya.



Gambar Sepasang Speaker Aktif

Kerusakan Bagian Power Suplai (catu daya)
Pada bagian ini terdiri atas kabel penghubung ke stop kontak, sakelar on-off, lampu led ,sekering, trafo jenis CT, empat buah diode penyearah, dan dua buah kapasitor elektrolit yang berukuran agak besar. Kerusakan speaker aktif yang sering terjadi  pada bagian ini biasanya ditandai dengan tidak adanya suara sedikitpun pada speaker aktif, lampu led mati, yang disebabkan tidak adanya arus listrik yang masuk ke rangkaian. Kerusakan speaker aktif pada bagian ini sering disebut mati total (Matot).

Langkah pertama  memperbaiki speaker aktif pada bagian ini yaitu lakukan pengecekan atau pemeriksaan pada kabel yang menghubung ke listrik sampai ke bagian sekring yang ada dirangkaian mesin speaker aktif mungkin ada kabel atau sekring ada yang putus. Setelah anda periksa masih keadaan bagus lalu cek power on/of nya. Bagian on-off ini biasanya kalau sudah lama biasanya rusak.yang menyebabkan speaker aktif mati total.

Jika semuanya baik langkah selanjutnya mengecek kumparan trafo CT, coba dites semua konektor bagian kumparan primer trafo, hasil pengetesan  semua konektor harus terhubung, jika tidak berarti bagian kumparan primer trafo putus. Setelah itu cek bagian kumparan sekunder caranya sama dengan mengetes kumparan primer.

Jika semuanya baik berlanjut dengan meriksa semua diode penyearah, mungkin ada yang rusak, perhatikan juga keadaan kondensator elektrolit apakah bagian atasnya mengembung atau pada bagian bawahnya yang mengeluarkan cairan yang berwarna kecoklatan. Periksa juga jalur di PCB kemungkinan ada jalur yang terputus.

Artikel Terkait : Membaca Nilai sebuah Kapasitor



Kerusakan Bagian Tone Kontrol
Tone kontrol berfungsi sebagai penguat pertama sinyal suara lemah yang berasal dari peralatan media player misalnya DVD dan lain-lain. Selain itu dibagian tone-control  dilengkapi dengan beberapa potensiometer yang berfungsi sebagai pengaturan volume, bass, treble, dan pembagian suara kiri dan kanan. Berikut beberapa kerusakan speaker aktif yang terjadi di bagaian tone control :


 Tone Kontrol Speaker Aktif

Timbul suara kresek-kresek
Hal ini bisa jadi karena Potensio pada bagian tone control ada yang rusak, baik itu karena kotor atau sudah tidak berfungsi dengan baik. cara memperbaiki speaker aktif pada bagian ini yaitu coba bersihkan dulu pakai minyak pembersih pada bagian potensio, atau diganti saja biar lebih bagus. Selain itu bisa jadi karena kabel input yang agak longgar atau hampir putus, yang menyebabkan terhubung dan tidaknya audio input yang masuk.

Speaker aktif tidak mau ngebass atau tribel
Untuk yang satu ini bisa disebabkan karena potensio dibagian bass atau dibagian tribel ada yang retak solderannya atau sudah rusak, untuk itu perlu kita ganti potensionya agar hasilnya lebih mantab.

Speaker Aktif Mati Sebelah
Kerusakan speaker aktif mati sebelah bisa juga terjadi di bagian tone control ini, biasanya kerusakan ini terjadi pada tone control yang mengunakan  IC pre-amp yaitu IC 4558 yang merupakan IC linear penguat operasional (op-amp) yang mempunyai  8 kaki dan 2 channel penguat. Jika kita menduga kerusakan terjadi di tone control ini, cobalah untuk mengganti IC ini. Harga IC ini cukup murah sekitar lima ribu rupiah juga mudah untuk dilepas dan dipasang.

Artikel Terkait : Jenis dan Kode Transistor

Kerusakan Bagian Penguat Akhir (Power Amplyfier)
Cara memperbaiki speaker aktif pada bagian penguat akhir ini yaitu coba perhatikan komponen yang ada pada spekaer aktif yang merekat pada peredam besi aluminium, di situ  perhatikan ada 4 biji transistor dan serinya biasanya ada yang TIP31, TIP32, TIP41 dan TIP42, D313 dan ada juga TIP2955 dan TIP3055. Inilah komponen-komponen aktif di bagian penguat akhir yang sering mengalami kerusakan pada speaker aktif yang memakai transistor.

Speaker Aktif Mendengung Keras
Kerusakan speaker aktif seperti ini bisanya terjadi karena ada komponen aktif/transistor penguat dari  speaker aktif di bagian penguat akhir yang tidak berfungsi, bisa short juga bisa putus. Langkah yang harus dilakukan jika ingin mempebaiki speaker aktif rusak mendengung keras mau tidak mau harus membuka box speaker kita untuk diperiksa. Setelah kita buka akan terlihat rangkaian kit speaker aktif kira-kira gambar mesinnya seperti gambar di bawah ini. Sebagian mesin ada yang beda tapi hampir semua cara kerjanya sama.




Mesin Penguat Akhir/ Power Amplyfier dari Speaker Aktif

Cara memperbaiki speaker aktif pada bagian penguat akhir ini coba perhatikan ada 4 biji transistor dan serinya biasanya ada yang TIP31, TIP32, TIP41 dan TIP42, D313 dan ada juga TIP2955 dan TIP3055. Cek semua transistor tersebut dengan menggunakan multitester pada skala ohmmeter. Cara mengetes transistor bisa dibaca pada artikel saya yang satu ini. Jika dari keempat transistor tersebut ada yang rusak ganti yang baru, lebih baik ganti yang sejenis dan asli, tak masalah dengan kanibal dari peralatan elektronik lainnya yang masih bisa dipakai yang penting asli. Jika tidak ada, ganti yang dijual dipasaran, jika yang rusak mempunyai  tipe , TIP32, TIP41 dan TIP42, gantilah dengan yang lebih besar yaitu TIP2955 dan TIP3055
, mengapa demikian? karena kita tidak akan menemukan komponen original (asli) dijual di pasar. Ini untuk mencegah agar hasil servisan bisa tahan lama. Kasihan sama pemiliknya jika hasil servisan cepat rusak kembali. Selain itu cek juga komponen-komponen yang ada disekitar empat transistor ini, biasanya ada juga yang ikutan rusak dan segeralah ganti yang baru.

Artikel Terkait : Menentukan Letak Kaki-kaki pada Transistor

Speaker Aktif Mati Sebelah
Kerusakan Speaker aktif mati sebelah juga terjadi bagian penguat akhir ini. Cara memeriksanya sama caranya dengan cara memperbaiki speaker aktif mendengung. Dari dua penguat akhir ini ada bagian komponen yang rusak atau putus.

Demikianlah artikel cara memperbaiki speaker aktif. Speaker aktif merupakan media yang paling bagus bagi kita yang baru memulai belajar menjadi teknisi elektronik. Sampai jumpa kembali pada artikel saya selanjutnya.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118 atau Chat WA 085669318076, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI


158 komentar:

  1. Replies
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. Sebelumnya Terima kasih Atas Info yang anda berikan.
    Semoga Sukses Selalu :)

    ReplyDelete
  3. Gan kalo speker aktif bunyinya kecil kira² apa yg salah dan subwoofer nya ikut mengecil .dulu sebelum rusak 1/4 putaran aja udah puasa sekarang 100% putaran masih kecil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba ganti potensionya, mgkin sudah aus, juga cek power suplpynya apakah tegangan inputnya kurang juga periksa dua buah elkonya mgkn sudah berkurang kapasitasnya

      Delete
  4. Gan kalo input nya kecil sebelah itu apa yg rusak kalau volume kenceng sember pas ane cabut kabel input nya yg satu normal yg satu ga ada volume kenceng baru ada itu apa nya gan yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. inti pertanyaan pertama kurang jelas, untuk jawaban pertanyaan kedua ada kemungkinan kerusakan terjadi pada potensio stereo bagian volume, coba ganti tetapi harus stereo juga potensionya ya

      Delete
  5. Gan kalo input nya kecil sebelah itu apa yg rusak kalau volume kenceng sember pas ane cabut kabel input nya yg satu normal yg satu ga ada volume kenceng baru ada itu apa nya gan yg rusak

    ReplyDelete
  6. gan kalo suara nya sember / pecah waktu dikerasin volumenya..itu apanya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba periksa power suplainya mgkin dayanya kurang, ganti dengan trafo yg arusnya besar, juga cek dua elko besar di power suplai mgkin kapasitasnya berupa ganti yg baru, cek speakernya masih normal tidak

      Delete
  7. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  8. om speaker ane pertama dinyalain mati hidup mati hidup terus, kira" rusak dimananya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mati hidupnya bagaimana masih ada desisnya atau tidak, jika waktu matinya tidak ada desis cek bagian power suplaynya mgkin ada solderan longgar, jika masih ada desisnya cek kabel input audionya kmgkinan sudah perlu diganti

      Delete
  9. Gan tolong bantu potensionya enggak berfungsi/kalo d puterin gak ngaruh apanya ya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba potensionya diganti dulu, jika masih gak ada pengaruh cek dirangkaian tone controlnya kmungkinan ada yg rusak

      Delete
  10. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  11. Mas,,tip 41 dn tip 42 saya ganti dgn 3055 dan 2955(1 pasang),,1 pasangnya msih tip 41 dn tip 42,,yg ingin saya tnyakan,,pas sya mau hidupkan, sekring yg putus,,,salahnya dimna ya Mas,,,trima kasih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkianan trafonya sudah terbakar lilitannya

      Delete
  12. Om ampli saya suara normal, tpi masalah ny untuk suara kanal 2 ny ga ngbass. Kira2 apa yya penyebab ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngebas sebelah ya? coba kamu ganti potensio bagian bassnya, bisa saja aus sebelah potensionya

      Delete
  13. Om,Speaker aktif Polytron potensio bass gk ngaruh trus yg potensio treblee malah jadi bass itu rusak bagian mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masalah deteilnya saya juga tidak bisa nebak, tapi kerusakannya ada pada bagian preamp/control audio, coba dites komponennya terutama transistor, potensio,dioda, dan coba ganti Ic-nya dulu jika ada

      Delete
  14. Speaker saya kalo putar lagu normal normal aja, yang jadi pertanyaan kenapa kalo speker doang ada suara berdengung? Kalo di naikkan volum nya suara dengungan makin keras.
    Trus saat lagu nya di pause terdengar juga suara dengungannya.
    Saat lagu dimainkan suara dengungan tertutup sama suara lagu jadi gak terlalu terasa dengungannya. Kira2 rusak nya di transistor atau dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek kapasitor pada sumber tegangan pada tone kontrol ataupun kapasitor pada sumber tegangan penguat akhir, kemungkinan kapasitasnya sudah berkurang sehingga arus yg masuk tidak rata atau bergelombang sehingga menyebabkan dengung

      Delete
  15. mas,speker aktif saya bila volume subwoofer di besarin sember..kira-kira apanya yang rusak ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek kapasitor powernya mgkin sudah berubah kapasitas, apakah trafonya kurang besar atau tegangan output trafo tidak semestinya krn tegangan dari PLN drop

      Delete
  16. mf..gan mo tanya nih! sya punya speaker aktif politron pas 68!udah berapa kali service jebol terus dan selalu ganti tip 41/42 nya,tpi ga pernah kuat lama paling seminggu jebol lagi.itu kira kira apanya ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena tip 41/42 di jual dipasaran tidak ada yg asli tp kw semua, coba minta ganti dengan transistor yg lebih besar misalnya tip3055/2955

      Delete
  17. Gan, mw nanya nih. Saya punya sound system di rumah. Tone kontrol-nya pake ic4558d. Potensiometer ada 4. Bass, treble, volume, dan subwoofer. Yang berfungsi cuma subwoofernya gan. Yang 3 gak berfungsi sama sekali. Trus suara yang keluar cuma bass, gak ada treble sama sekali gan. Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan ada jalur pcb yg putus ke potensio, cek juga sumber tegangannya, cek potensio apa sudah aus, obok-obok saja komponen pada sirkit tone kontrol, jika masih tidak ditemukan kerusakan ganti saja kit tone kontrolnya krn murah juga daripada pusing mencari kerusakan

      Delete
  18. Kalau potensio treble di putar arah jam 1 timbul suara desis,, d speaker, dan potensio volume dalam keadaan terbuka full, kerusakan d tone control atau power amplinya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. porwer ampli cuma berfungsi sebagai penguat sinyal dari tone kontrol, jadi perlu difokuskan pemeriksaan di bagian tone controlnya

      Delete
  19. Halo admin,,saya mau tanya ne,,speaker aktif saya merk blazer n permasalahannya storing pada speaker cukup mengganggu,,,n bunyi suara yang keluar seperti sspeakernya uda rusak (berberber) padahal speaker masih baru n masih sangat bagus saat dicoba pada kotak speaker yang lain,,,mohon penjelasan dong,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan power amplinya kurang daya disebabkan oleh arus yg dihasilkan trafo kecil, atau elko powernya yg sudah berkurang kapasitasnya, jika tidak demikian kemungkinan ada komponen di bagian power ampli yg rusak, periksa seluruh komponen terutama komponen aktifnya

      Delete
  20. saya mau tanya mas power rakitan suaranya kecil sekali dan serak? dah sya cek potensio bagus jalur gak ada yg putus dan gak ada yg terbakar arusnya jg normal pdahal di output saya kasih mylar biar halus suaranya

    trma ksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkin rangkaian penguat amplinya kurang sempurna, cek rangkaian power suplaynya, coba hubungkan output tanpa milar, mgkin kapasitas milarnya terlalu kecil

      Delete
  21. Gan numpang nyanya speker saya suara sebelah nya suara nya pecah sebelah lagi normal itu apa nya yg kena gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikarenakan speakernya rusak, atau transistornya penguat bagian sebelahnya ada yg putus, cara ceknya tukar posisi speaker yg bagus ke bagian speaker yg rusak nanti bisa ketahuan speaker atau mesinnya yg rusak

      Delete
  22. Kalau kumparan primer travo dihubungkan ke kump. Sekunder travo jarum multi bergerak apakah masih bisa digunakan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah terjadi kebocoran isolasi antara kumparan primer dan sekunder, seharusnya tidak terhubung, trafo seperti ini tidak bisa dipakai lagi krn tegangan outputnya pasti sudah berubah

      Delete
  23. Mau tanya pak
    Speaker aktif saya seperti gambar diatas, pas dinyalakan cuma keluar suara "jedug" setelah itu tidak keluar suara sama sekali , sudah saya ganti kabel audio masih belum bisa
    Mohon bantuannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa2 speakernya rusak akibat trafo yg seperti dijelaskan di atas, ukur tahanan speakernya, jika tahanannya terukur tak terhingga berarti kumparan speakernya prlu di ganti

      Delete
    2. Pak tanya lagi pak
      travo yang dipakai speaker aktif ukuran nya berapa pak ?
      di travo bawaanya tidak ada tulisannya pak
      terima kasih sebelumnya pak

      Delete
    3. Bisa pakai trafo 5 A CT, ambil CT dan 32 Volt untuk daya amplinya, dan ct dan 12 volt untuk daya controltonenya

      Delete
  24. Selamat pagi Pak.
    Saya punya Sharp Sound Bar HT SL 70. Beberapa bulan terakhir timbul suara kresek-kresek keras. Dulu pertama di subwoorernya, kemudian kadang pindah speaker kanan, nah sekarang kresek-kreseknya ada di speaker sebelah kiri. Kalo kondisi speaker menurut saya tidak bermasalah karena sewaktu saya coba tukar output speakernya tetep saja yang kiri yang kresek-kresek. Demikian mohon pencerahannya. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Salam sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ditukar input dari sumber suaranya, dari DVD atau dari apa. jika inputnya sudah dipindahkan dan kreseknya juga pindah maka kerusakan ada pada sumber esuara. jika sumber suara tidak rusak periksa baagiaan tonekontrolnya, terutama pada IC driver dan potensionya, tapi untuk meyakinkan kerusakan pada tonekontrol coba dibalik input yg masuk ke penguat dari tonekontrol, apakah setelah dibalik kreseknya berpindah, jika tidak berpindah berarti kerusakan ada pada penguat akhir/amplifiernya, silahkan obok-oboklah bagian output penguat disebelah kiri

      Delete
  25. Selamat malam pak
    ukuran travo yang dipakai speaker aktif, persis gmbr diatas , pakai yang ukuran berapa pak ?
    masalahnya pada travo bawaan tidak ada tulisannya ?
    mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pakai trafo 5 A CT, ambil CT dan 32 Volt untuk daya amplinya, dan ct dan 12 volt untuk daya controltonenya

      Delete
  26. Gan saya butuh pencerahan speaker aktif 2.1 simbadda saya kalo lagi sedang dengar music suara yang di keluarkan aga pecah, apakah bisa di perbaiki dan di upgrade agar lebih bagus suara nya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu bisa diupggrade, tetapi kamu harus tahu dulu penyebab suara agak pecahnya, apa dari speaker atau dari penguat ampli atau juga dari sumber suara

      Delete
  27. speker aktif polytron pas 68 klo suara dibesarkan langsung mati dan kembali hidup lgi klo suara di kecilkan. itu kenapa ya pak? mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada keretakaan solderan dibagian power suplaynya sehingga jika ada getaran langsung lepas lagi

      Delete
  28. Nanya Mas, Sp Aktiv altec lansing VS4121: suara kadang pelan kadang keras sendiri... sering bunyi grudak gruduk sangat menganggu... kira2 bgian apanya yg rusak. ? Sebelumnya terimakasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diganti potensio volumenya ya, mgkin sudah aus dibagian itu

      Delete
    2. Mas speaker sya king max..
      Awalnya hanya mndengung sja tapi masih bisa dengarin musik tapi smkin lama smakin kuat dengungannya akhirnya matot,dibwa ketukang servic katanya spekernya sudah hangus,apa bisa seperti itu mas,?dan kira2 harga spekearnya berapa ya mas..

      Delete
    3. Harga spekaer tergantung mrek dan besar diameternya, kl mau murah ganti spoelnya saja, memang bisa saja kerusakannya speaker

      Delete
  29. Selamat sore pak, saya punya speaker aktif polytron pas 68.suara normal, Klau bass dinaikkan speaker mati sejenak trus hidup lgi. Setelah saya cek solderannya gak ad yg retak, terus tegangan out power suplay nya juga ngedrop. Klau bass diturunkan tegangan 30v. Klu bass dinaikkan tegangan out ps ny drop hingga 16 volt dan di iringi dengan suara mati. Mohon pencerahannya y pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti speaker mati krn tegangan drop, tegangan drop akibat ada sesuatu yg terhubung singkat, kemungkinan speaker bassnya yg konslet, coba lepas kabel ke speaker bassnya lalu naikkan potensi bassnya, jika tegangan tidak drop, berarti speaker bassnya perlu diganti

      Delete
  30. Slmt pagi Mas AY...
    Speaker aktif sy bunyi kresek2 pd semua posisi potensio.
    Sy udah ganti semua (3 bh potensio), 2 bh kapasitor bagian supply power, hasilnya sama saja. Utk diketahui, suara kresek2 itu terjadi pada 2 sisi speakernya (stereo). Mohon pencerahannya Mas...

    Trm ksh
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek sumber suara dan kabel inputnya, jika sumber suara dan kabel inputnya baik, coba lepas output dari tone kontrolnya dari power ampli dan hubungkan dengan memakai alat bantu headset atau yg lainnya, jika terdengar baik berarti kerusakan pada power ampli, tetapi jika output dari tone kontrol ini kresek2 berarti ada komponen ditone kontrol yg rusak

      Delete
  31. Min, mau nanya saya rakit amplifier stereo yg plus sama tone controlnya. Tpi speakr kirinya ga normal blek blekan bunyina dan kalo dipakai lama jadi panas speakernya yang kanan mh lancar saja speakrnya. Masalahnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. output tone kontrol ke input powernya coba dibalik, jika bunyi blek2-nya pindah kekanan, artinya tonekontrolnya yg bermasalah cek komponen bagian tone kontrol, kabel input dan sumber suara, tetapi jika suara blek2nya tetap kiri artinya powernya bermasalah cek bagian power ampli, speker dan sumber tegangannya

      Delete
  32. Ia min, tapi tonecontrolnya menyatu sama powr amplinya, ga ada output tonecontrolnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut nimbrung mas...
      Speaker aktif sy jg cuma satu pcb. Tone control menyatu dgn penguat akhir. Jd sy tdk tau cara memisahkannya

      Delete
    2. meskipun satu PCB tapi sircuit tone control dan power amplinya kl diamati terpisah juga, coba tes dulu semua komponen2 aktif power sebelah kiri siapa tahu ada yg rusak

      Delete
  33. bang klok suara inputnya gk ada gimana ya apa rusaknya,,?
    biasanyakan klok jack input di pegang suaranya mendengung kok yg punya saya gk ndengung sama klok di colok ke hp jga gk ada suara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di cek output tone controlnya dengan menggunakan alat bantu headset, apakah ada suara? jika tidak ada suara berarti bagian tone kontrol komponennya ada yg rusak, cek juga power suplay ke tone kontrol ada atau tidak

      Delete
  34. Sudah dicek, ada resistor dekat Transistor BD140 gosong. Kemudian saya ganti trans dan resistor sekalian sma BD139 Nya. Tapi suaranya jadi kecil banget padhal volume sudah ful. Itu gmana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek apa penyebab resistor tersebut gosong, mgkin masih ada komponen yg perlu diganti

      Delete
  35. pak saya punya speaker simbadda cst9650n, suara nya tidak ada, tapi kalau di hidupkan masih ada suara Bass, kira-kira apa kerusakan nya ? tolong bantuan nya, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dites speaker bagian ssuaranya mgkin saja terbakar dan putus coilnya, krn speaker ini terpisah antara suara dan seaker bassnya

      Delete
  36. Pak saya pnya salon aktif, gx tau knapa suaranya kecil selang beberapa menit bsar sendiri saya utak atik kabel jek ntar kecil ntar gede suarnya, untuk kabel jek sih masih baru dan mendengung kira kira apanya yg harus di cek dan di ganti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak saya pnya salon aktif, gx tau knapa suaranya kecil selang beberapa menit bsar sendiri saya utak atik kabel jek ntar kecil ntar gede suarnya, untuk kabel jek sih masih baru dan mendengung kira kira apanya yg harus di cek dan di ganti

      Delete
    2. mgkin ada karat di soket jek salon, coba dibersihkan dulu atau kabel yg ke soket jek di salon aktif bagian dalam solderannya lepas, atau coba ganti kabel jek yg lain krn baru juga bisa rusak

      Delete
  37. gan bantuin saya .subwoofer saya gak mau ngebas kaalo diputer cuma dengung saja kira2 apanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti dulu potensionya, jika masih tetap telusuri komponen dari speaker bassnya mgkin ada yg rusak terutama TR, elko, dioda, resistor

      Delete
  38. Om.. speker aktif saya berdengung dan bunyi kresek", padahal volume bass trebel dlm posisi off dan blm ada input suara. tp jika daun spekernya di tekan keras k'dlm baru hilang dengungnya, suara kresek" ttp ada. Volum bass trebel di puter" tdk ada bunyi kresek". 1 masalah lg yaitu suara kecil padahal volume sdh full. Penyebab apa ya.. terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru sempat balas, kl gejalanya seperti itu coba kamu ganti speakernya dulu ya, smoga membantu

      Delete
    2. kl masih tetap tidak berubah kamu bisa menelusuri kerusakannya dari input sumber suara dengan alat bantu berupa headset, input suara bisa dari output tone control, atau dari output media player

      Delete
  39. mat siank brother..
    speaker saya dioba,suara spekar gandengx bunxi pelan...mohon penjelasanx..

    ReplyDelete
  40. mat siank brother ..
    speaker saya dioba tapi sya sering gunakan blotoh kalau mau buka musik,tapi sering bunxi speaker gandengx kecil dan kadang gak ada suaranx....kalu aku sentuh kabel inputx suarax seimbang tapi tidak berlangsung lama..
    mohon penjelasanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel inputnya diganti dulu ya, biasanya putus

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan sound sisyem saya gak bisa mutar lagu biasanya gak seperti itu terus saya cek trafonya panas banet apa penyebabnya terus aku juga maunanya kalo trafo yang kakinya banyak banget gimana masangnya

      Delete
    2. kemungkinan trafo terbakar diganti yg amperenya sama dan pemasangannya pake Ct-32V

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. tipe simbada cst 5300 n : suara speaker mini sebelah kiri tidak mengeluarkan suara, jadi perna sy pindahkan kabel nya malah kanan yg tidak bersuara kiri bersuara,ic sudah perna sy ganti tipe tea 20xx,jadi mohon solusi nya pak ?? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. priksa komponen pendukung untuk mesin power sebelah kiri, seperti TR driver dan lainnya, periksa jika ada jalur yg putus juga kabel input sumber suaranya

      Delete
  44. mas,mau tanya,speker aktive polytron PAS 081,speker yg L tidak ada suara,tp pas mau di colokin kabel jack yg ke bagian L nya ada bunyi kresek di awal pada saat nyolokinnya,kabel semua normal,transistor TIP 31/TIP 32 sdh saya ganti semua,hasil tetep saja yg L ga masuk suaranya,mohon pencerahannya.trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan bisa terjadi pada bagin power ampli sebelah L nya, periksa lagi semua komponen TR driver, dioda zener, resistor, atau ada jalur putus, bisa juga kerusakan terjaddi pada bagian L tonecontrolnya, atau kabel input L dari sumber suara putus

      Delete
  45. dg mengganti tip31/32 pada PA,alhasil suara sdh normal semua,baik di R/L,tetepi setelah volume saya tambah kira² separuh volume,tiba² speker mati & terdengar bunyi komponen yg meletup,alhasil speker mati & terdengar bunyi ngiiiiiiiiik pd PS,mohon pencerahannya mas,trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya transistornya tidak oryginal, atau bisa diganti dengan TIP3055/2955

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Gan, speaker aktif epoz aktimate mini suaranya kadang2 hilang sebelah kalau volume dinaikkan baru suaranya normal lagi setelah normal baru bs diturunkan lagi volumenya. Suara yg hilang ga tentu kadang kiri kadang kanan. Sumber suara lewat port aux maupun rca sudah dicoba hasilnya sama. Kira2 apa penyebabnya ya gan. Thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diganti potensio volumenya dulu mgkin sudah aus tahanannya

      Delete
  48. setelah diganti dg tip 3055/2955 & tr driver serta elco yg kembung, alhamdulillah nyala normal semuanya gan, makasih pencerahannya sngt² membantu,
    tetapi kl play musik dr jack mp3 in,ko suaranya kadang yg L suka ngadat,nyambung kadang nggk,kira² itu dr jack nya ato ada komponen lainnya gan..??

    ReplyDelete
  49. iya mas,dari jack nya bermasalahannya,sdh saya bersihkan,selesai semua nuy mas,suwun pencerahannya, ouh ya mas,kalo speker aktiv kadang muncul suara pletek-pletek,kaya ada yg short gitu,tp sebentar[kadang muncul kadang nggk] di bag subwoofer,tp kl di kecilin subwoofer nya suara pletek-pleteknya ga muncul mas,mohon infonya lg mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan daun speakernya ada yg lepas lemnya atau jebol dari coilnya

      Delete
  50. Saya pny speaker aktif sanken model lama. Kalau dinyalakan/dimatikan tombol power nya sering bunyi keras jedug...tp kadang juga ngga ...kira2 apa trouble nya ya....mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal itu pengaruh dari pemutusan arus listrik dari sakelar, coba kamu mematikan atau menghidupkannya langsung tusuk atau dicabut dari stop kontak, kl tidak ada bunyi berarti sakelarnya perlu diganti

      Delete
  51. wah kebetulan nih,,,gan mau nanya, saya punya speaker aktif udh lama,tapi speaker mati sebelah yang R(tepatnya tempat pcb,power,dsb) kedua buah speaker+1 twitter tidak mengeluarkan suara apapun dari yg kanan itu, tapi kalo pas pencet tombol power(waktu di matiin aja) itu ada suara dari input normal sesaat sebelum mati, itu kira2 apanya yang kena ya gan? kalo semua fungsi pengaturan berjalan normal buat speaker kiri
    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. diperiksa bagiaan power suplai tegangan baik di tonecontrol maupun suplai tegangan di power amply, kemungkinan ada dioda penyearaah yg short

      Delete
  52. Mas maaf minta solusi nya .. Sy punya politron ps 68 usb normal dan power amplinya normal tp lampu indikator dan lain in tidak tidak nyala .. Saya kasih tegangan 5v untuk tone control nya .. Kenapa tun kontrol nya mati ya mas .. Pertanya an saya berapa tegangan normal tune kontrol politon ps 68 mas.. Mohon bantuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. power amply kamu mgkin memakai power switching ya? jika laampu indikatornya tidak menyalah berarti bagian power switcingnya rusak dan teg. suplay tidak ada pada bagian output power switchingnya yg menyuplai teg. pada power amply dan tonecontrol , teg. USB biasanya 5v

      Delete
  53. Saya punx speaker vishiba ht s8.ada kebel hitam pada papan vcb nya yg lepas..kira2 kabelx saya sambung kmna ya gan..akibatx salon mini saya mati total.mohon pencerahan.mkasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lalu sisi ujung kabel hitam yg masih nempel kemana ya?

      Delete
  54. Gan mohon bantuanya.saya punya speaker aktif 40watt merk optima.tr pakai TIP 41 dan TIP42. kenapa ya kok timbul suara kresek kresek walau dalam keadaan diam tanpa input,volume min dan potensio juga nggak disentuh pun msih ada bunyi tersebut.kadang sih hilang sendiri kadang timbul lagi.pas datang bunyi kresek kresek itu sampai bikin speaker terbakar.udah pernah ganti speaker dan speaker yang baru terbakar lagi.kira masalah ada di bagian mana ya gan.sebelumnya terimakasih dan mohon pencerahanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu harus mencari sumber bunyi tersebut dari bagian mana, apa berasal dari power amply atau dari tonecontrol, jika tonecontrolnya terpisah cabut kabel input ke power amplynya dan apa masih ada kresek? jika hilang berarti rusak bagian tone kontrolnya

      Delete
    2. Tonecontrol kbetulan satu pcb dengan power. Saya coba cek secara fisik ternyata ada transistor type a733 dua biji yg berkarat.tp saya test dgn avo masih normal.apakah komponen berkarat bisa jadi masalah gan.walau komponen itu masih normal kalau dites dengan avometer/multitester.

      Delete
    3. coba diganti saja, kadang2 transistor dites bagus tapi ternyata rusak, kerusakan transistor kadang2 tidak terdetek oleh ovometer

      Delete
    4. Iya mas suara kemresek trnyata dr tr yg brkarat itu td. Saya kira dr tr finalnya.sempet saya ganti juga tr driver yg panas kok masih ada suara sampai saya test pakai avo di output speaker ada tegangan dc yang cukup besar yang jadi masalah speaker sering terbakar.Ternyata ada tr a733 dua buah yg sama2 berkarat.saya coba ganti alhasil suara udah tenang dan jernih kembali.makasih banyak untuk solusinya mas.

      Delete
  55. pak kalau sound sistem yang dipakai agak lama terus mati gak jalan suaranya...disimpan dulu agak lama terus bisa lagi kira2 apa kendalanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan ada solderan kaki komponennya yg retak, atau ada jalur yg putus

      Delete
  56. Pak saya mau nanya saya punya subwofer simbada cst9800w, pertama dinyalakan subwofernya nyala tp setelah 3 menitan mati gak ada suaranya,trs powernya saya matikan sekitar setengah jaman baru bisa nyala lg,begitu trs seterusnya. kira2 apa ya pak yg rusak. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dioda penyearah power suplay tegangannya

      Delete
  57. Enter your comment...pak saya mau tanya nih saya punya speaker aktif speaker saya port pengecas y tuh patah ,, trus udh gk bisa di solder lagi . bisa gak ya kalau ngecas y langsung dari batrai dan bagaimana cara y biar bisa ngecas lagi

    terimakasih mohon bantuanya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. cas langsung ke baterai bisa taapi harus tahu tegangan dan Ah baterai untuk menentukan ukuran alat casnya

      Delete
  58. Bg mau nanya saya punya speaker advance merek advance suara bass y kluar tpi suara trible y gk kluar kira2 apa y it rusak gan?

    ReplyDelete
  59. speker aktif mati pada saat memainkan 3-5 lagu, dan begitu seterusnya...kira-kira kenapa ya bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kamu teliti lagi yg mati itu media playernya atau memang speaker aktifnya

      Delete
  60. Min,harga transistor tip 41c kira2 brp yah? Dan kalo mau diganti dgn yg 3055/2955,brp duit? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 41c dipasar skitar 5rb, 3055/2955 yg spasang yg bagus skitar 15rb

      Delete
  61. Selamat pagi Om.. mau nanya saya punya ampli Aiwa A60 made in japan.. Saat posisi On Speker Out yg kanan mati dan yg kiri hanya mengeluarkan bunyi dengung dan IC mengeluarkan manas yg sangat dahsyat.. IC yg digunakan STK1040. Kira" kerusakannya di bagian mananya ya.. mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  62. Om saya mu tanya... speker aktif politron saya ton kontrol nya tidak hidup apa masalh nya kira2 om...? Untuk kit power sendiri kalau d langsungkan bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dicek sumber powernya ada tidak tegangan pensuplai untuk tone controlnya

      Delete
  63. Selamat pagi Pak, saya punya speaker soundbar Sharp HT-SL70. Sudah beberapa bulan ini timbul suara "krotok-krotok". Kadang di kiri, kadang di kanan, kadang di subwoofer nya. Kalo pas lagi bener suara normal, tapi setelah beberapa saat hidup, timbul suara "krotok krotok" lagi. Kira kira kerusakan pada apanya ya Pak? Terima kasih atas bantuan dan jawabannya. Salam Sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti soket input suara mgkin banyak karatnya, cek kabel dari sumber suara ke amply mgkin perlu diganti yg baru

      Delete
  64. Slmt mlm pak, mohon bantuannya. Q punya ampli merk megavox yg error pda bgian mic tdk brfungsi. Truz lmpu idikator tone cntrol yg bgian pre amp mic itu cuman nyala sbntr truz mati kyak ada yg short. Itu kira" yg short apanya yaa pak.?? Pdhal ic 4558 dan tr,nya udh q gnti smua tpi ttep aja kyak gtu..

    ReplyDelete
  65. Selamat malam Pak saya mau tanya kenpa speaker saya klo ada getaran langsung mati stlh sya gedug2 pelan bisa hidup trs mati lagi setiap ada getaran atau bass awalny speaker itu abis jatuh pernh sya cba buka ga ada soket yg kendor trus komponn jga ga trhlt ada yg terbakr atau mash trlht bagus kira2 apany ya pak mohon pencerahnya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya ada solderan yang sudah kendor, solder ulang semua kaki komponen jika tidak ditemukan/ terlihat

      Delete
    2. Sya punya masalah yang sama, saya bawa ke bengkel katanya IC nya ada yang rusak, ganti 350rb.

      Delete
  66. Speaker aktif saya pas di on mcb langsung trip.. mihon pencerahan nya pak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba priksa dari steker sampai ke trafo, biasanya ada yg konslet penyebab MCM jatuh

      Delete
  67. Saya mau tanya,ampli saya saat nyala suara di speaker ada tapi saat beberapa detik mati,beberapa detik lagi hidup lagi,terus berulang seperti itu,saya cek trafonya panas sama dioda sisirnya panas juga,untuk yg lain tidak panas,kira2 apa penyebabnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diganti diodanya, mgkin ada sebagian dioda yg jebol

      Delete
  68. Prmisi mas, mau tanya lgi nie mas soal amplifier megavox KA-7370 DSP punyaku yg msih rewel mas..
    Skarang suara amplinya udh normal smua mas cuman yg msih rewel bgian preamp mic tdk brfungsi. Saat prtma kli d,nyalakan lmpu indikator bgian preamp mic nyala sbentar lalu mati. Dan microfon tdk brfungsi sma skali..
    Lalu q coba ukur ic 4558 pd preamp mic outputnya normal mas. Truz q coba gedein vol pd bgian kit echonya trdengar suara bergemuruh. Dan saat d,pelankan tdk trdengar..
    Mohon pencerahannya mas.?? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti IC 4558 kan harganya cuma 5rb, terus ganti soket mic-nya

      Delete
  69. Pak mau tanya..,salon aktif saya sudah lama tidak di pakai,begitu di pakai/di hidupkan suara yg sebelah kanan cuma muncul sebentar trus hilang,jadi yg bunyi cuma salon sebelah kiri...,terus saya pasang salon tambahan memang agak besar dan bunyi gak lama trus salon aktifnya panas langsung mati..trafonya gosong..,jadi saya ganti trafonya pake trafo 5a ct,nah saya agak bingung karna trafo yg gosong itu tidak ada ukuran yg tertulis,cuma di bagian sekunder ada 3 kabel dan primernya 2kabel salah satu bagian di gabung pake sekering..,jadi saya coba pasang di trafo 5a ct bagian sekundernya di 12v kiri 12v kanan satu di ct karna di socket pcbnya itu 12v...,setelah saya pasang cuma berkedip lampu powernya,tidak mau nyala....,tolong pak penjelasannya...salon aktifnya minicon pake tr tip41 & 42...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa komponen setelah trafo yaitu dioda penyearahnya mgkin jebol, juga kapasitornya mgkin sudah kering, ganti yg baru yg ukurannya sama

      Delete
  70. Gan saya mau tanya..klo speaker aktik simbada suara mati sebelah apa nya yah..udah saya cek kabel rca nya/pindah speker emang bener out pout nya mati sebelah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. priksa komponen pada power ampli yg tidak keluar suara, biasanya transistornya ada yg rusak, juga komponen2 lainnya dicek juga sebelum transistor yg rusak diganti, ganti transitor yg ori

      Delete
  71. Mau nanya mas...speaker aktif sy merk Lawega type LA 839 kondisi mati total setelah di cek ternyata transistor di power supply rusak yg jd masalahnya mau sy ganti tp kode transistor tdk ada..pdhl speaker bln terlalu lama usianya...mohon solusinya ..terimakasih..

    ReplyDelete
  72. Mau nanya mas ko dibagian suplly dioda dan elko itu ada 2 resistor 200 2watt knp ko panas banget klu dinyalain suaranya jg sember mohon bantuannya mas????

    ReplyDelete
  73. Mau tanya mas speaker saya awalnya saklar on off nya mati lalu saya langsungkan pada colokan kemudian listrik rumah saya mati terus saya hudupkan lagi listriknya.
    Kemungkinan terbakar atau tidak ya speaker saya

    ReplyDelete
  74. gan .. maunanya saya punya speaker advance digital. nah pad di nyalain semuanya mati namun speakernya berdengung pelan alias yg nyala cmn speakernya aja . indikator lampu led mati total semua. kira2 rsak apanya gan . mohon pencerahan. suwun

    ReplyDelete
  75. gan mau nnya kalo dari power splay,tone bagus g da kendala tpi ke speaker g da respon dkit pun padah speaker bagus qra' pa nya gan?

    ReplyDelete
  76. Gan subwoofer sy tibatiba mngeluarkan suara spt ngorok di volume 3/4 (bass rendah/dalam)
    Biasany itu masalah ny dimana y gan???

    ReplyDelete
  77. Gan subwoofer sy tibatiba mngeluarkan suara spt ngorok di volume 3/4 (bass rendah/dalam)
    Biasany itu masalah ny dimana y gan???

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.