Rangkaian Inverter DC ke AC


Inverter adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus searah DC 12 volt atau 24 volt menjadi tegangan bolak balik AC 220 volt yang berguna untuk menghidupkan lampu, kipas angin dan lain-lain yang bekerja pada gelombang tegangan bolak-balik AC yang cukup tinggi. Di sini saya melampirkan sebuah gambar rangkaian inverter yang cukup sederhana dan gampang dibuat dengan biaya yang murah dan daya yang cukup sekitar 100 watt. Berikut rangkaiannya
Gambar di atas memperlihatkan sebuah rangkaian inverter sederhana dengan osilator rangkaian flip-flop yang bekerja pada frekuensi 50 Hz. Jika nyala lampu masih terlihat berkedip, itu bertanda frekuensi terlalu rendah, untuk mengatur frekuensi yang sesuai misalnya 50 Hz dapat mengganti kedua elko pada rangkaian tersebut dengan yang lebih kecil atau diperbesar. Untuk menghitung besar frekuensi dapat menggunakan rumus f = 1/T, dimana T = R x C. dimana :

f=frekuensi (Hz)
T=Perioda (detik)
R=Tahanan (ohm)
C=kapasitas kapasitor (Farad)

Misalnya frekuensi rangkaian flip-flop inverter di atas adalah :

f = 1/T = 1/ R x C = 1/ 5000 ohm x 4,7 x 0.000001 Farad,

untuk hasilnya bisa dihitung.

Transistor 2N2102 mungkin akan sulit dicari di pasaran, maka dapat dicoba diganti jenis transistor NPN lain.

Inverter ini hanya bisa menghidupkan lampu dan alat elektronik lainnya, tidak bisa menghidupkan motor listrik seperti kipas angin dikarenakan gelombang AC yang dihasilkan bukan sinus tapi gelombang persegi. Untuk membuat inverter gelombang sinus dapat merubah rangkaian osilasinya yang berbentuk sinus. Untuk memperbesar daya outputnya dapat mengganti ukuran arus trafo yang lebih besar dan memparalelkan lebih dari 2 transistor daya 2n3055 . Transistor daya 2N3055 harus menggunakan buatan malaysia.


Tetapi dari pada repot-repot merangkai sendiri sebuah inverter apalagi efisiensinya belum tentu bagus dan biaya komponen yang lumayan mahal, di sini saya menawarkan produk Kit Inverter yang sudah jadi hanya perlu penambahan sebuah trafo minimal 5 Ampere saja. Jika berminat silahkan kunjungi link Kit Inverter 750 Watt murah , tetapi pembeliannya harus melalui Bukalapak atau Tokopedia ya!! Selain lebih aman dan bebas penipuan tetapi lebih praktis.


Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI





2 komentar:

Note: Only a member of this blog may post a comment.