Cara Membaca Nilai Kapasitor

Pada dunia elektronik kapasitor atau kondensator berperan penting dan selalu digunakan, dan untuk dalam keilmuan elektronika memiliki singkatan berupa huruf C.  Sedangkan untuk menentukan satuan kapasitas dari suatu kapasitor dinyatakan dengan huruf F yaitu singkatan dari Farad. Pada bagian badan kapasitor selalu ditulis nilai kapasitas kapasitor tersebut, tetapi kita akan selalu dibingungkan dengan angka-angka aneh cara pabrik menyingkat nilainya.  Nah… di artikel ini saya akan menjelaskan secara  sederhana cara membaca nilai kapasitor tersebut.


Elko Polar

Sebelum kita membahas tentang cara membaca nilai kapasitor, sebaiknya kita diingatkan dahulu apa itu kapasitor. Kapasitor sering juga disebut kondensator, untuk di Indonesia kita lebih mengenal kata capacitor / kapasitor Sedangkan bila kita lihat sejarah komponen ini sendiri, pertama kali pada tahun 1782 disebut oleh seorang ilmuwan berkebangsaan Italia yaitu Alessandro Volta dengan kata dalam bahasa Itali yaitu “condensatore”.

Macam-Macam Kondensator
Ada 3 jenis kondensator yang dibagi berdasarkan kegunaannya, yaitu:
  1.  Kondensator Elektrolit (ELCO = Electrolite Condenser)
  2. Kondensator Variabel (nilai kapasitasnya bisa diubah)
  3.  Kondensator Tetap (nilai kapasitasnya tak bisa diubah/ tetap)


Elko Non Polar

Kapasitor Elektrolit (Elko) terbagi lagi menjadi kapasitor elelektrolit polar dan non polar. Kapasitor elektrolit polar adalah kapasitor elektrolit yang mempunyai kutup di kedua kakinya yaitu kutup positif dan negative, untuk pemasangannya tidak boleh terbalik tetapi harus disesuaikan dengan kutupnya, jika pemasanagaannya terbalik kapasitor akan segera meledak. Kapasitor elektrolit polar sering dipakai untuk komponen-komponen elektronika. Kapasitor elektrolit nonpolar tidak mempunyai kutub di kakinya jadi cara pemasangannya boleh terbalik tidak perlu memikirkan mana kaki positif dan negatifnya. Kapasitor elektrolit nonpolar sering dipakai di peralatan listrik seperti pompa air, kipas angin, lemari es dan lain-lain


Kapasitor Keramik

Seperti telah disinggung di atas pada bagian badan kapasitor selalu dituliskan nilai kapasitas dari kapasitor tersebut dengan satuan Farad atau F, dan juga disertai tegangan kerja untuk kapasitor tersebut. Nilai dari satuan kapasitor adalah Farad dan disingkat F. Nilai satuan Farad ini dianggap terlalu besar, sehingga satuan Farad ini diperkecil lagi menjadi satuan-satuan sebagai berikut :

1 F
: 1 Farad
: 1.000.000 mikro Farad
: 106 uF
1 uF
: 1000 nano Farad
: 103 nano Farad
: 103 nF
1 nF
: 1000 pico Farad
: 103 pF
1 uF
: 1.000.000 pico Farad
: 106 pF

Nilai Tertulis pada Badan Kapasitor


Nilai kapasitor selain dituliskan dengan kode warna seperti pada resistor, kebanyakan dituliskan seperti berikut :


0, 1
artinya 0,1 uF
0,001
artinya 0,001 uF
102
artinya 10 x 102 pF
: 1000 pF
: 1 KpF
: 1 nF
203
artinya 20 x 103 pF
: 20.000 pF
: 20 KpF
: 20 nF
84
artinya 84 pF
10
artinya 10 pF

Demikianlah cara membaca nilai kapasitor berdasarkan angka-angka yang tertera di badan kapasitor tersebut. Semoga artikel sederhana ini cukup membantu bagi para pelajar dan para teknisi pemula.

SELAMAT BELAJAR SEMOGA SUKSES

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.