Ciri-ciri Kerusakan pada Tuner Tv

Untuk beberapa daerah, tuner pada televisi, kadang tidak dimanfaatkan karena menggunakan saluran AV (Audio Video) dan receiver digital parabola dan sejenisnya. Namun, secara umum, tuner masih dipakai. Terutama di daerah yang mempunyai pemancar televisi lokal, tuner masih mempunyai peranan sangat penting tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk membeli peralatan parabola atau jasa layanan televisi kabel.

Ciri-ciri Kerusakan pada Tuner  Tv dapat mengakibatkan:
1. Televisi tidak dapat gambar dan suara.
2. Gambar dan suara tidak bersih.
3. Gambar cacat atau kadang baik, kadang hilang.

4. Tidak dapat menerima saluran UHF, tapi saluran VHF baik atau sebaliknya.

  • Televisi tidak mendapatkan gambar dan suara
Setelah dipastikan pemasangan antena dan pencarian (search) dengan benar, namun televisi tetap tidak mendapatkan gambar dan suara, pencarian kerusakan dilanjutkan ke tuner dan bagian yang mendukungnya, seperti pada diagram berikut.


Untuk mengetahui  Ciri-ciri Kerusakan pada Tuner  TV yang terjadi pada tuner dan bagian pendukungnya, dapat kita ketahui dari beberapa hal sebagai berikut ini :

VT (Voltage Tuning)
Jika tegangannya 0 V dc (tidak ada sama sekali), gambar dan suara tidak ada. Jika tegangannya berubah-ubah (catatan: bukan pada saat search), hal itu mengakibatkan gambarnya berlari-lari (sinyal berubah-ubah). Jika tegangan sumbernya tidak sampai 33 V dc, sebagian saluran tidak didapatkan (seharusnya di dapat 15 channel, ternyata hanya 5 channel). Pada tuner, umumnya yang selalu bermasalah adalah sekitar bagian VT ini. Untuk yang lainnya, sangat jarang.

Tegangan catu  daya tuner (MB)
Jika tegangan catu daya pada tuner tidak ada (0 V dc), sudah dipastikan gambar dan suara pada televisi tidak ada. Tegangan kurang mengakibatkan gambar buram. Tegangan berubah-ubah dapat mengakibatkan sinyal berubah-ubah.

Tegangan Kontrol (VL)
Jika tegangan UHF tidak ada, biasanya masalahnya dari IC Program pin UHF; dapat mengakibatkan televisi tidak dapat menerima channel yang menggunakan saluran UHF (seperti Trans, Indosiar, RCTI, SCTV dan Metro).

AGC
Kerusakan pada AGC dapat mengakibatkan gambar tidak mau bersih (banyak lebahnya), tapi kerusakan AGC sangat jarang terjadi pada tuner. Biasanya setelan AGC (AGC Adjustment) kurang pas.
Karena kerja tuner sangat bergantung pada catu daya tuner, VT (Voltage Tuning), kontrol dan IC Program dan IC Utama atau IC Croma, sangat perlu kehatian-hatian dan kejelian dalam melokalisasi bagian mana yang rusak. Kerusakan pada satu bagian tertentu biasanya mempunyai ciri-ciri tertentu. Hal ini akan diketahui dengan banyak berlatih dan terus berusaha untuk mencarinya karena ada yang tidak dapat dituliskan

  • Gambar dan Suara tidak Bersih
Jika suara dan gambar tidak bersih, gangguan dapat terjadi pada antena, kabel antena, konektor antena, pengaturan AGC, dan tuner itu sendiri. Antena sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas gambar dan suara.
Langkah yang dapat dilakukan adalah mengatur antena ke arah yang tepat. Jika gambar masih tidak bersih, cobalah atur AGC adjustment, kemudian lakukan pencarian ulang. Seandainya gambar dan suara masih juga tidak bersih, cobalah ganti tuner dengan tipe yang sama, lalu bandingkan hasilnya dengan tuner awal.

  • Gambar cacat atau kadang baik, kadang hilang
Jika sinyal gambar yang diterima mula-mula baik (suara dan gambar bersih), pelan-pelan berubah, dan lama kelamaan gambar jadi hilang, kerusakan seperti ini terjadi akibat AFT atau voltage tuning yang tidak stabil. Untuk jenis televisi yang menggunakan AFT tank (spoel aft yang dapat di-trimer), jika AFT tank-nya sudah diputar-putar, dapat menimbulkan kerusakan seperti ini. Ciri-ciri kerusakan seperti ini adalah ketika dilakukan pencarian (search), sinyal yang diterima tidak mau disimpan.




Jika AFT tank telah diputar-putar, cara mengembalikan ke posisi semula adalah dengan trimer ulang secara perlahan-lahan. Kemudian, lakukan manual search sampai OSD pada layar berhenti pada sinyal gambar dan suara yang kuat. Namun, jika AFT tank belum pernah diputar, sebaiknya jangan coba-coba untuk memutarnya, berarti kerusakan bukan pada AFT tank.

Demikianlah Ciri-ciri Kerusakan pada Tuner  Tv dan bagaimana cara mengatasinya. Dalam mengatasi kerusakan, tiap-tiap individu mempunyai jalan dan cara tersendiri dalam penyelesaiannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI. 





3 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bertaubatlah wahai saudaraku,, sesungguhnya kau telah mempersekutukan iblis,, semua yg di bumi dan langit hanya milik allah swt. Jika kau mati, kau akan ke mana?? Ke iblis atau ke allah swt?, ingatlah , iblis itu penghuni neraka, tak ada yg namanya engkau akan masuk surga,selama kau mempersekutukan iblis, ingatlah kepada allah, beliau akan memberikanmu surga, dan engkau akan kekal didalamnya,, allahuakhbar!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.