Kerusakan Vertikal Tv Raster Satu Garis Horizontal

Gejala kerusakan vertikal tv yang terlihat hanya raster satu garis horizontal merupakan tanda kerusakan yang terjadi pada bagian atau blog vertikal. Kerusakan seperti ini biasanya disebabkan pecahnya solderan di kaki IC vertikal, IC vertikal yang sudah rusak, kerusakan osilator vertikal yang bersumber dari IC khroma, atau bisa juga diakibatkan oleh tidak adanya catu daya ke IC vertikal. 

Catu daya penguat vertikal diambil dan Power Supply. Umumnya, catu daya penguat vertikal sebesar 24 V dc untuk TV 14”—21”. Namun, untuk TV di atas 24”, biasanya tegangan catu untuk IC Vertikal lebih dari 24 V dc, yaitu berkisar antara 24 V dc dan 60 V dc. Sumber tegangan catu IC Vertikal dapat diambil dan power supply atau dan FBT. Kebanyakan rancangan televisi mengambil catu vertikal dan FBT, namun ada sebagian rancangan yang mengambil sumber catu untuk tegangan dan power supply. Berikut adalah tegangan catu untuk IC Vertikal yang diambil dan FBT.
Kerusakan Raster Satu Garis

Tegangan Vertikal 24 volt yang Bersumber dari FBT


Catu penguat vertikal sebesar 24 V dc diperoleh dari power supply. Namun, umumnya catu vertikal untuk televisi warna diperoleh dan FBT. Tegangan V ac keluaran FBT sebesar 26 V ac disearahkan oleh sebuah diode dan ditapis dengan sebuah kapasitor elektrolit agar diperoleh tegangan V dc yang sempurna. Untuk mengecek kelebihan beban pada rangkâian vertikal yang dapat mengganggu kerja rangkaian lain, dipasang sebuah resistor fuse sebelum diode penyearah. Catu penguat vertikal dapat diihat pada gambar berikut ini.

Dari potongan skema rangkaian di atas, tegangan V ac dan FBT disearahkan oleh sebuah diode, kemudian dipasang sebuah resistor fuse (sekring) dan ditapis oleh sebuah kapasitor elektrolit. Tegangan sebesar 24 V dc ini selanjutnya sebagai sumber tegangan IC Penguat Vertikal.

Rangkaian Vertikal pada sebuah TV



Pada gambar penguat vertikal di atas, komponen yang sering rusak adalah IC Penguat Vertikal, resistor catu, dan beberapa komponen pendukung. Kerusakan vertikal tv yang terjadi pada IC penguat vertikal ditandai dengan tidak adanya pembukaan gambar ke arah vertikal. Jika kerusakannya berupa layar menyempit, baik atas maupun bawah, atas saja atau bawah saja, kerusakan bukan pada IC Penguat Vertikal, melainkan pada komponen pendukung, seperti kapasitor elektrolit atau resistor atau juga pengaturan vertikal (adjustment) kurang tepat. Cara kerja penguat vertikal tidak ubahnya seperti penguat suara. Perbedaannya hanyalah pada bentuk sinyal yang dikuatkan. Pada IC Suara, untuk menguji penguatannya dengan cara meraba pin-nya dengan tangan, lalu pada speaker terdengar nada. Untuk IC Penguat, jika diraba dengan tangan, reaksinya berupa ter1ihatny layar membuka ke atas dan ke bawah. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa IC Penguat Vertikal bekerja (tidak rusak). Namun, jika layar tetap tidak membuka, kemungkian ada yang rusak pada bagian lainnya, seperti osilator vertikal atau vertikal output pada IC Utama.

Tentunya output dari bagian vertikal berujung ke yoke atau biasa kita sebut sehari-hari dengan sanggung. Mungkinkah kerusakan vertikal v bisa terjadi di yoke ini. Tentu bisa, meskipun yoke pada bagian vertikal ini jarang ditemukan rusak, tetapi tidak salahnya jika kita lalukan pengecekan. Ukur tahanan yoke dengan ohmmeter pada multitester pada x1 lebih baik jika munggunakan alat ukur digital karena tahanan yang terukur sangat kecil. Jika multitester analog kalibrasi dulu jarum penunjuk pada nol ohm. Tahanan pada yoke vertikal yang baik berada di kisaran 6 - 11 ohm.

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.