Membuat CRT Restorer Gun

Ketika menservis sebuah tv yang Kerusakan Hilang Satu Warna dari Ketiga Warna yaitu RGB. Kerusakan hilang warna ini bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada tabung tv itu sendiri atau kerusakan bukan dari rangkaian RGBnya. Kerusakan pada tabung tv atau CRT ini diakibatkan adanya partikel-partikel kecil ( microscoptical dust) yg menghambat laju elektron dari ketiga Electron Gun CRT. Maka untuk memulihkan warna yang hilang tersebut kita harus menggunakan suatu alat yang bernama CRT Restorer. Rangkaian CRT Restorer tidak perlu dibeli tapi cukup dirakit sendiri saja dengan menggunakan peralatan seadanya atau mencopot peralatan yang tidak diperlukan lagi dan merangkainya menjadi CRT Restorer.

Rangkaian CRT RESTORER disini berguna untuk menghilangkan kebocoran yang terjadi antara katoda-katoda RGB terhadap Grid G1. Jika ini terjadi maka salah satu atau lebih warna akan terlihat lebih dominan terhadap yg lain,dan warna yang lain terlihat sangat lemah/redup, dapat anda ukur /bandingkan tegangan ketiga warna primer tersebut pada posisi TV menyalah; yaitu warna yang redup akan terukur lebih rendah terhadap warna yg lain.


Cara kerja rangkaian ini adalah memberikan tegangan tinggi negatif sesaat kepada katoda RGB terhadap grid1 atau G1. Proses ini mensyaratkan kondisi CRT masih panas setelah heater diaktifkan sebelumnya agar loncatan elektron menjadi mudah. Konfigurasi rangkaian ini adalah menggunakan saklar DPDT 4 posisi yang harus dimodifikasi dahulu menjadi saklar tekan ( tidak mengunci) .
Perhatikan susunan skemanya..



Alat dan Bahan :
  1. SebuahTrafo 1 Amper 220 Volt dengan pilihan tengangan sekunder 4,5 V, 6 V, 7,5 V dan 9 Volt
  2. 5 buah diode penyearah 1N4007
  3. Saklar DPDT 4 posisi
  4. Elko 2,2 uF/350 Volt
  5. Sakelar pemilih tegangan heater, bisa sakelar putar atau geser
  6. VU meter/ tanpa alat ini juga bisa tapi sebaiknya ada karena mudah didapat dan murah harganya sekitar 5 ribuan
  7. Box alat
  8. Kabel secukupnya
  9. Soket CRT bekas
  10. Steker/ colokan

Cara Kerja Alat :

Pada saat saklar tidak di tekan,dioda penyearah mengisi elco 2,2uF/350v,katoda dan G1 menuju ke bagian rangkaian Vu meter dan tegangan dari trafo 1,ampere langsung menuju ke heater untuk memanaskan.

Ketika saat saklar di tekan, Elco akan terlepas dari jalur dioda dan akan menghabiskan isinya ke kaki G1 sementara kaki katoda menuju jalur negatif 300V (memberi tegangan sesaat yang tersimpan dalam elco),sementara itu tegangan heater dari trafo akan otomatis terputus (open). Penting untuk diingat bahwa selama proses pengisian tegangan ke katoda ,tegangan heater harus putus.

Pembuatan alat ini harus diletakan pada box plastik agar menghindari terkena setrum,gunakan kaki-kaki soket RGB bekas untuk membuat soket “tusukan” sebanyak 4 buah, jangan gunakan kabel yg terlalu kecil, untuk membuat pegangan tusukan,gunakan plastik sedotan dari air minum mineral ( aqua),potong sepanjang 3cm, masukan kabel-kabelnya kedalam sedotan yg telah dipotong dan selanjutnya solderkan ke kaki bekas soket RGB, dorong kembali kaki soket RGB kedalam sedotan dengan maksud sebagai isolator sekaligus pegangan.


Cara Penggunaan Alat :
  1. Masukan dua buah kabel colokan heater
  2. Masukan colokan G1 ke pin G1 di CRT .
  3. Masukan kaki colokan KATODA ke salah satu kaki CRT yang di duga lemah/rusak
  4. Nyalakan alat ini dan tunggu hingga heater menyala untuk memanaskan dahulu
  5. Tekan saklar DPDT,sekilas anda perhatikan ada loncatan api di dalam CRT,no problem ,itu adalah proses pembersihan kaki-kaki katoda,ulangi terus sampai tak ada lagi bunga api yg terlihat.
  6. Lakukan lagi terhadap katoda warna lain yg dianggap bermasalah, dan jangan di coba menekan saklar pada katoda yg masih normal.dibolehkan apabila diduga kurang normal.
  7. .kalau masih belum menunjukan kisaran meter ukur yang normal, naikan lagi tegangan heater dgn saklar pemilih ( 6V-7,5v atau 9V) untuk lebih memanaskan heater,harus di coba pada posisi tegangan terendah dulu ,baru kemudian naikan tegangannya.

Sebagai patokan seberapa besar simpangan meter yg normal,dapat anda coba/bandingkan pada crt yg masih bagus untuk diukur tanpa melakukan pengechargeran, tandai levelnya.

Meskipun saya sangat suka Melakukan Perbaikan CRT yang sudah gelap dengan alat ini.Tapi tidak dianjurkan bagi para pemula,karena resiko terkena setrum dan putusnya heater adalah bisa saja terjadi. Alat ini sudah saya coba dan lumayan berhasil.

Selamat mencoba dan anda akan tahu sendiri hasilnya. Jika pada saat anda bekerja dengan alat ini dan tak berhasil.. Tenang saja..saya kira CRT tersebut memang sudah tidak bisa di restore.
Saya sarankan untuk selalu mencoba dan gunakan sebagai guru yang paling baik.


7 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
  2. Gan pakai trafo ct yg sudah dirubah menjadi non ct bisa ng gan..dan ngamvil nol nya dari mana gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambil tap nol dari awal gulungannnya

      Delete
  3. Maaf gan ko saya buat dengan sesuai gambar ko listrik saya turun terus ya gan..mohon pencerahannya master...

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.