Memperbaiki Kerusakan pada Bagian Horizontal Tv

Bagian horizontal merupakan bagian kedua yang sangat vital pada televisi setelah Bagian Power Supply karena pada bagian ini catu daya kedua dihasilkan, seperti catu daya ke RGB, ke Penguat Vertikal, heater, dan catu 12 V dc. Kerusakan horizontal tv mengakibatkan:

1. Televisi mati (tapi power supply tidak rusak), kadang ada suara derit atau nyit-nyit
2. Tidak ada cahaya (raster) pada televisi.
3. Layar berbentuk oval atau trapesium diikuti oleh bayang pelangi.
4. Layar hanya segaris vertikal.
5. Layar tidak penuh kiri atau kanan.
6. Layar terlalu lebar.
7. Gambar berlari-lari ke arah horizontal (rolling horizontal).
8. Transistor penguat horizontal putus terus (rusak lagi setelah diganti).
9. Layar bergaris-garis buku (blanking).

Sebelum memeriksa bagian horizontal tv, pastikan dulu bahwa bagian power supply dalam kondisi baik. Hal ini sangat perlu dilakukan karena kedua bagian ini sangat bertalian dan saling mendukung. Memastikan yang rusak pada bagian power supply atau pada bagian horizontal dapat dilakukan dengan cara mengamati keadaan saat televisi dihidupkan atau dengan cara sistem potong (melokalisasi) bagian yang diduga rusak. Cara mengamati keadaannya yaitu dengan hidupkan televisi, kemudian amati, baik langsung maupun menggunakan alat ukur. Jika terlihat ada tegangan yang keluar dan power supply (hidup sebentar), kemudian mati lagi, keadaan seperti ini kemungkinan kerusakannya bukan pada power supply, melainkan pada rangkaian lain yang membuat rangkaian power mati lagi. Dugaan penyebabnya dari rangkaian horizontal. Cara seperti ini hanya perumpamaan. Untuk memastikannya, tentunya memakai alat ukur pada titik tertentu yang diduga sebagai sumber tegangan utama yang diperlukan tiap blok rangkaian. 


Bagian dari Horizontal Tv

  • Mencari Kerusakan pada Bagian V cc-H, Osilator-H, dan H-output


Kerusakan pada bagian V cc horizontal dapat mengakibatkan televisi tidak bekerja sama sekali. V cc horizontal bersumber pada power supply kisaran tegangan 5 V dc—12 V dc. V cc horizontal merupakan sumber tenaga untuk catu osilator horizontal dan horizontal output yang selanjutnya diumpankan ke rangkaian horizontal driver (HDT).

Osilator horizontal berguna untuk membangkitkan sinyal gigi gergaji dengan frekuensi 15,625 kHz. Jika bagian ini bermasalah, dapat mengakibatkan transistor penguat horizontal rusak atau dapat juga mengakibatkan gambar bergerigi pada tepi kiri-kanan layar, juga dapat menyebabkan gambar rolling ke arah horizontal.

Horizontal output keluar dan bagian horizontal untuk diumpankan ke driver horizontal. Selanjutnya, dikuatkan oleh transistor penguat horizontal. Bagian ini juga penentu bagian horizontal. Semua komponen yang berhubungan dengan lingkaran merah putus-putus dapat mengalami kerusakan yang mengakibatkan bagian horizontal mengalami gangguan.


  • Mencari Kerusakan pada Rangkaian HDT
Rangkaian horizontal driver merupakan rangkaian penyangga, keluaran dan horizontal output sebelum diumpankan ke penguat horizontal. Rangkaian ini terdiri atas tiga komponen utama yang selalu mengalami kerusakan, yaitu resistor, HDT, dan transistor penguat.
Rangkaian Horizontal Driver (HDT)

Skema Rangkaian  HDT


Komponen yang ditandai garis putus-putus rentan terhadap kerusakan pada bagian HDT. Jika salah satu saja dan komponen tersebut rusak, keseluruhan rangkaian pada televisi tidak akan bekerja.


  • Mencari Kerusakan pada FBT dan Penguat Horizontal
Komponen yang sering rusak pada bagian horizontal adalah transistor penguat horizontal. Umumnya, transistor ini rusak karena terlalu panas atau karena kapasitor pada kolektornya dengan nilai 8n2 berubah nilai menjadi lebih kecil. Yoke transistor horizontal sering juga mengalami kerusakan. Hanya panas, tidak sampai membuat transistor tersebut putus atau short. Namun, jika FBT yang rusak, transistor penguat horizontal juga dapat rusak. Kerusakan horizontal tv mengakibatkan sebagian rangkaian tidak bekerja karena sebagian rangkaian memperoleh catu dari FBT.

Semua komponen yang dilingkari garis putus-putus sangat rentan terhadap kerusakan. Resitor fuse catu FBT, kalau rusak, biasanya disebabkan oleh transistor penguat horizontal atau FBT yang rusak. Transistor penguat horizontal akan rusak jika C 435 (8n2) rusak (kapasitasnya berkurang lebih dari setengah kapasitasnya) atau jika FBT rusak. FBT akan rusak jika isolasi kawat email terkelupas akibat kepanasan atau memiliki beban lebih pada tegangan keluarannya.

Untuk memastikan apakah FBT rusak, lepaskan solderan kolektor transistor penguat, lalu ukur tegangan pada kaki FBT yang berhubungan dengan kolektor transistor. Jika tegangan ada sebesar 110 V dc dengan menggunakan probe multitester hubungkan lagi kaki kolektor transistor tersebut ke PCB. Jika tegangan langsung turun, dapat dipastikan FBT rusak, tapi dengan catatan bahwa semua jalur bebas dilepaskan solderannya, seperti jalur 16 V dc, 24 V dc, dan 180 V dc.

Untuk mengganti FBT yang rusak, ada beberapa tipe FBT yang tidak ada dijual di pasaran. Namun, FBT ada Persamaannya. FBT juga dapat dimodifikasi dengan cara memperhatikan output tegangan FBT asli dan FBT pengganti. Jika letak kakinya berbeda-beda, cukup disambungkan dengan menggunakan kabel. Hal yang perlu diperhatikan dalam memodifikasi FBT adalah input CRT jangan terpasang sama sekali karena dikhawatirkan tegangan heater terlalu tinggi sehingga merusakkan CRT. Saat memodifikasi FBT, yang perlu diperhatikan adalah tegangan catu + dan tegangan yang terhubung ke kolektor transistor penguat horizontal serta ground. Setelah ketiga kaki FBT terpasang, lakukan pengukuran tegangan keluaran, yaitu 16 V dc, 24 V dc, dan 6 V ac untuk heater. Juga perlu diraba transistor penguat horizontal panas atau tidak.


Yoke pada Sebuah Tv

Komponen yang selalu mengalami kerusakan pada rangkaian pembelok horizontal adalah kapasitor dan yoke. Kerusakan yoke dapat diamati secara langsung dengan melihat bentuk kawat email yang ada pada yoke. Biasanya, untuk televisi yang pemakaiannya sudah cukup lama, bagian dalam yoke-lah yang mudah terbakar, terutama yang bersentuhan langsung dengan karet antara yoke dan CRT.

Membuka yoke dapat dilakukan dengan mengendorkan terlebih dulu baut yang ada pada yoke, tentunya setelah membuka PCB input CRT. Kemudian, putar dengan kedua tangan ke arah kin dan kanan. Setelah kira-kira terasa longgar, yoke ditarik ke belakang, dengan demikian akan terlepas dari CRT. Jika yoke rusak kalau memungkinkan dapat diperbaki. Jika tidak ganti dengan ukuran yang sama dengan mengukur bentuk dan tahanan pada konektor horizontalnya.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI. 

61 komentar:

  1. trims pak bos...sangat membantu sekali.ditunggu postingan berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke sama2, trimakasih juga sudah mampir

      Delete
    2. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. pak mau tanya klo di transistor power suply tv berbunyi cris cris, itu apa bisa di pastika klo transistornya , apa memang pengaru komponen lain yang rusak., tlong intruksinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl transistor sepengetahuan saya tidak bisa menngeluarkan bunyi, mgkin bunyi trafo switchingnya, biasanya terjadi kerusakan di bagian horizontal,konslet dioda 115 volt, transistor horizontal rusak, bisa juga konslet di FBTnya

      Delete
  3. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy lbh suka mengadu sama ALLAH subkhanahu wata'ala.

      Delete
  4. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete
  5. Hidup didunia hanya sementara, mengapa harus menggadaikan jalan jalan akidah yang lurus. Meminta hanya kepada Allah semata. Kalau takdirnya miskin atau kaya di lalui saja dgn penuh keikhlasan. Meminta kepada selain Allah apapun namanya adalah syirik dan dosanya tidak di ampuni sampai tobat nasuha. Astaghfirullah semoga Allah senantiasa mengampuni hambamu ini yang belum bisa ikhlash.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut tafsir hidup didunia hanya 2,1 menit saja, sangat singkat, meskipun singkat kita jgn buru-buru ingin cepat mati untuk mengharap akhirat, tetap semangat mencari nafkah yg diridoi Allah, sehingga keluarga kita tidak terlantar. Maaf balasan saya bukan ditujukan untuk Anda tetapi untuk mereka yg merasa sudah menelantarkan keluarga mereka demi akhirat

      Delete
  6. Pak kalo di layarnya cuma nampak garis horizontal doang, kira" penyakitnya dimana ya?
    Mohon pencerahannya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nampak garis horizontal kerusakan ada di bagian vertikal, silahkan kunjungi artikel saya memperbaiki kerusakan tv dibagian vertical

      Delete
  7. Enter your comment...sukses slalu buat anda..mg slalu memberi ilmu dan inspirasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah berkunjung di blog saya ya, sukses juga buat kamu

      Delete
  8. Ass...mhon maaf om mau nanya sya punya masalah ni om pada tv jenis sharp picollo pas di hidupin koq gag ada tanda tanda kehidupannya om malah hanya keluar suara krekkkk panjang kayak kayu mau patah sampai listrik jadi anjlok om kira kira msalahnya dimana om ? Sma tv sharp yg lain lagi pas power di on kan tv mau star tpi bentar mati lagi terus warna led nya berubah kadang ijo kadang jadi merah om...mhon pencerahannya om...makasih jika berkenan menjawab pertanyaan saya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. menimbulkan suara kreekk ditimbulkan flyback sudah bocor jadi perlu digant dengan type yang sama. kerusakn tv sharp hidup sebentar kemudian mati snediri dengan indikator berkedip berubah warna menunjukkan tv mengalami protek disebabkan ada komponen bagian vertikal dan heater mengalami rusak atau sudah lemah, cari pin proteksi pada ic utama tv tersebut lalu telusuri, nanti ketemu transistor atau dioda zener, copot transistor atau dioda zener tersebut untuk membuka sistem proteksinya.

      Delete
  9. klo buat pemula, harus bljar dari mna pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus belajar dari nmengenal komponen elektronik dan bagaimana cara mengetes komponen tersebut dulu ya

      Delete
  10. Mod om mau tanya ni..tv saya sharp univrse 21" klau dinyalakan cuma ada garis putih sebentar per sekian detik lah kira kira.sudah saya ganti c apa si to r yang deket ic vertikalnya tapi masih belum nyala . tulang di bantu penyeselainya om... Di tunggu bls a nya .matur suwun saderenge......

    ReplyDelete
    Replies
    1. tv sharp jika trjadi kerusakan di bagian vertical akan segera memprotek tv, tv akan menyalah sebentar dan kemudian mati standby, beruntung kamu masih bisa melihat gejala kerusakannya sehingga tidak perlu repot mencari lokasi untuk mebuka proteknya, silahkan obok-obok bagian vertical, ganti ic vertical, dioda, juga cek apa ada tegangan ke vertical saat tv menyalah sebentar tersebut, lihat apakah ada jalur pcb yg putus, dan elko yg berubah nilainya

      Delete
  11. om..toshiba dramatic V2050 protec kedip2. dioda 33volt dr pin FBT 24v putus trus.b+115 normal mohon dibantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. teg. FBT 24 volt itu ke IC vertical, ada kemungkinan Ic vertikal atau komponen di vertical yg rusak, coba diobok-obok bagian vertcalnya ya

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. BLOG nya keren mas...postingan bermanfaat.....terus berkarya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih atas pujian dan kunjungannya ya

      Delete
  14. maaf sebelmnya mas...?sekali mampir langsung Tanya
    saya punya garapan tv SAMSUNG hytron 21inc...teganan B+ 125 VOLT ada dan tegangan lainya juga ada...tapi HORIZONTAL gak kerja mas..flyback,udah coba tak ganti tapi tetep nihil hasilnya.....tv ini menggunakan IC jungle TDA 8842 MAS,berapa tegangan yg keluar dari H-out nya mas....disini kebaca 0 volt
    terimakasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya H out ada tegangan skitar 2-5v, jika tdk ada tegangan penyebabnya ICTDA8842-nya tdak bekerja, adakah tegangan input ke IC ini? atau coba periksa jalur H-out sampai ke transistor driver horizontal apakah ada komponen yg rusak

      Delete
  15. Selamat pagi pak.
    Saya rommi,maaf saya ingin belajar servis tv krna tv drmah rusak.
    Saya mau tanya bagaimana cara cek tegangan pada tv,dan apa kah arus listrik setelah trafo masih ada sengatan seperti listrik pln 220 volt??
    Dan penyebab transistor horizontal short di ketiga kaki nya?
    Maaf pak sebelum nya saya masi awan dunia elektronik.
    Mohon pencerahannya.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore, jika TR horizontal shot maka tidak ada tegangan pada output trafo, TR horizontal short akibat dari FBT rusak atau kapasitor 8n2 berubah nilai, lepaskan dulu TR Horzontal yg short jika mau ukur tegangan output trafo, krn sdah searah tidak menyengat lagi tapi tetaplah hati2

      Delete
  16. om mau tanya kalau tv votre di nyalain tapi nyala nya lama banget kerusakan nya dmna ya om?
    trima kasih

    ReplyDelete
  17. om mau tanya kalau tv votre di nyalain tapi nyala nya lama banget kerusakan nya dmna ya om?
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek atau ganti elko di output trafo regulator mgkin ada yg kering atau berubah nilainya

      Delete
  18. Permisi pak. Artikel nya sangat bagus untuk penambahan ilmu.

    Sy mau nanya. Tv LG slim. Suara audio tv ada. Cmn gambar tidak ada. Suara berdenging pun tidak ada sebagaimana layaknya tv di hidupkan psti prtama keluar suara denging.
    Kira kira itu kerusakannya di mana ya pak ?

    Trima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan suara tv lg bisa disebabkan oleh program di menu servis berubah, coba kamu buka menu servis (menu servis tv LG bisa dilihat di artikel saya yg lain), lalu buka bagian pengaturan suara (saya lupa menu yg mau diubah disini cari saja di google ya). kerusakan bisa juga dari komponen suara berupa ic penguat audio dan speaker, juga cek tegangan ke ic penguat audionya

      Delete
    2. Maaf pak. Mskdnya suara denging dri mesin. Bukan dri speaker.
      Klo speaker hidup. Cmn layar tidak ada tanda tanda kehidupan.

      Kira kira bisa di bantu pak utk solusinya. Trima ksh

      Delete
    3. periksa pada bagian horizontalnya, bekerja atau tidak, kl horizontal tidak bekerja berarti Flyback tidak bekerja dan tidak ada suara denging pas dihidupkan

      Delete
  19. mas mau tanya tv jvc 21'' f series lampu indikator power mati tidak hidup strum masuk ? Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini menunjukkan bagian regulator/power tidak bekerja maka tidak ada tegangan output dari trafo regulator, cari kerusakannya pada bagian power/ regulatornya

      Delete
  20. lampu indikator meRah nyala setelah tr hor dicabut mohon solusi tipe seri persamaan tr hor pengganti tr jvc fseris

    ReplyDelete
    Replies
    1. merah berarti bagian proteknya bekerja krn tr dicabut, untuk tr horisontal tidak perlu sama persis/persamaan, tr horizontal semua tv bisa dipakai dan disuaikan besar inch tvnya dari nilai arus tr tersebut

      Delete
  21. makash bang, mo tax kenapa tv lg ru3amp pada output sekunder tv lg slim 21 short, ru jalur b+ bang

    ReplyDelete
  22. Mas asri TV saya gambarnya cling bagus tapi suaranya pecah, kayak radio kurang tegangan daya suaranya gx jelas kira2 apa Yg rusak,mohon penjelasanya trima kash sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Mas asri TV saya gambarnya cling bagus tapi suaranya pecah, kayak radio kurang tegangan daya suaranya gx jelas kira2 apa Yg rusak,mohon penjelasanya trima kash sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti elko pada bagian suplay tegangan ke IC suara, cek speaker apa sudah perlu diganti

      Delete
  24. Pak Dy mau tanya tv saya Samsung pagi ini d nyalakan hanya keluar garis horizontal to keluar suaranya tombol power nya jg tdk rusak n at tdk bs memperbaiki sendri kira2 itu perlu beli alat baru atau cm d servise biasa
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerusakan ada garis vertical bisa disebabkan solderan di IC vertical kendor, coba disolder ulang semua kaki komponen di bagian vertical, jika belum baguscoba ganti IC vertical

      Delete
  25. Bagus blognya pa
    Bisa nambah ilmu
    Sya cuma mau tnya pa tvku multimax 14" gambar bagian bawa pa gelap seperti di riben cuma bagian atasnya dikit sja yg terang.mohon bantuannya pa,, Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek komponen bagian vertical, mgkin ada elko yg kering, coba diganti semua elko yg dibagian vertical

      Delete
  26. Mau nanya pak tv samsung 21" tegangan basis tidak keluar saya ukur output dari elko 100uf/160 v yg dekat trafo jg nol volt penyebabnya apa ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dioda penyearah yg dioutput 115v trafo regulator mgkin short, atau TR horizontalnya yg short, juga pastikan rangkaian regulator bekerja

      Delete
  27. Maaf mau tanya pak, tv saya digitec 21 inc, yg sering rusak bagian yoke dan flyback, udah ganti yoke malah cop flyback yg nancap ke tabung terbakar, padahal sudah dilapisi cat besi, apa perlu ganti mesin atau tabungnya yg rusak???

    ReplyDelete
  28. Maaf mau tanya pak, tv saya digitec 21 inc, yg sering rusak bagian yoke dan flyback, udah ganti yoke malah cop flyback yg nancap ke tabung terbakar, padahal sudah dilapisi cat besi, apa perlu ganti mesin atau tabungnya yg rusak???

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan tabungnya yg sdah rusak, biasanya retak-retak pada belakang tabung dekap kop sehingga menyebabkan kop flyback bocor, coba ganti tabung yg lain

      Delete
  29. Prmisi mas mohon pencerahan tv sanken bazzon 21 inc tr c5149 horisontal diganti terus belum sempet nyala jebol selalu bunyi ngik ngik

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek dan ganti keramic 8,2nF yg ke TR horizontal, biasanya berubah nilai atau rusak, cek juga flyback dan yoke

      Delete
  30. mantap om blognya....
    saya newbie om, iseng2 buat TV dirumah rusak bunyi cit...cit...
    saya cari info diyoutube katanya ganti TR horizontal , dan saya coba ganti D2689 dengan ST1510FX, hidup cuma beberapa detik(3-5 detik) kemudian mati dan bunyi lagi...cit..cit...nya...
    kira-kira apa ya om masalahnya ?
    terimakasih sebelumnya.... :)

    ReplyDelete
  31. Mantap nih...mo tanya om...klo tv cina tampilan berbulu kira kira apanya ya om

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.