Cara Mendeteksi Kerusakan pada IC Program Pesawat Tv

Pada pesawat televisi keluaran baru IC program sudah dibuat menyatu dengan IC Khroma atau IC Utama pesawat TV. Namun untuk Tv keluaran lama masih terpisah, tetapi meskipun terpisah maupun menyatu prinsip kerja IC program sama saja. Kerusakan pada IC Progam mengakibatkan:
  1. Televisi mati.
  2. Televisi hidup, tapi tidak ada gambar dan suara.
  3. Televisi hidup, gambar ada, tapi warna dan suara tidak ada.
  4. Televisi hidup, tapi gambar, warna, dan suara tidak tersimpan.
  5. Televisi hidup, tapi kontrol tidak berfungsi.

Memeriksa kerusakan pada IC Program

Kerusakan pada IC Program dapat berupa IC Program mati total (short), tombol (key) kontrol tidak berfungsi, OSD (On Screen Display) tidak muncul pada layar, dan sebagian kontrol tidak berfungsi seperti on/off volume, brightness, kontras, color. Langkah-langkah memeriksa IC Program adalah sebagai berikut.

Rangkaian IC Program Pesawat Televisi

  • Memeriksa IC Program yang mati total (short)/tidak bekerja
Ukur tegangan 5 V dc pada catu utama IC Program (umumnya ditulis V cc atau V dd). Jika tegangan catu 5 V dc pada pin catu utama (V dd) IC program tidak ada, lepaskan solder pin IC Program dengan PCB, lalu ukur tegangan 5 V dc pada PCB. Jika ternyata tegangan 5 V dc pada PCB ada dalam keadaan televisi tersebut hidup, hubungkan tegangan tersebut dengan ujung multitester dengan pin catu IC Program sambil tetap mengamati apakah tegangan tetap ada. Jika tegangan 5 V dc-nya hilang saat dihubungkan/disolder pada IC Program, dapat dipastikan IC Program tersebut rusak. Namun, saat pin catu IC Program dilepaskan dan PCB tegangan 5 V dc dan pada PCB juga tidak ada kerusakan, kemungkinan bukan pada IC Program. Periksalah lebih dulu sumber tegangan 5 V dc tersebut dan rangkaian lain yang berhubungan. Cara seperti ini berlaku untuk semua IC dan rangkaian lain.

Setelah melakukan pengukuran tegangan catu 5 V dc pada pin catu IC Program, lakukan pengukuran tegangan reset (catu untuk osilasi dalam IC Program). Jika tegangan terukur 3 V dc pada pin reset, berarti IC Program dapat bekerja. Namun, jika tegangan 3 V dc tidak ada, IC Program tidak akan bekerja.

  •  Memeriksa tombol (key) kontrol yang tidak berfungsi
Untuk memeriksa tombol (key) yang tidak berfungsi, pertama-tama yang diperiksa adalah saklar push-on yang ada pada panel kontrol. Tombol push-on dapat diukur apakah berfungsi atau tidak dengan multitester pada posisi Ohm meter. Pada saat saklar ditekan, jarum penunjuk akan menunjukkan angka nol (terhubung). Namun, jika saat ditekan tidak menunjukkan angka nol (terhubung), berarti  saklarnya rusak.

Jika key kontrolnya baik, tinggal mengikuti jalur dan komponen yang menghubungkan antara key kontrol dan IC Program, biasanya hanya terdiri atas beberapa buah resistor dan diode. Jika tidak ditemukan kerusakan, kemungkinan yang rusak adalah IC Program-nya.

  • Memeriksa OSD (On Screen Display)
On screen display sangat membantu dalam melakukan search (mencari) siaran tertentu. OSD yang tampil (muncul) ibarat navigasi yang memandu penggunanya. Jika OSD rusak, key kontrol berfungsi, namun tampilannya tidak ada (tidak muncul) pada layar, hal ini akan menyulitkan pengguna karena akan meraba-raba dalam pengoperasian televisinya. Mencari kerusakan pada OSD dimulai pada pin V-Sync (vertikal sinkronisasi) dan H-Sync (horizontal sinkronisasi) pada IC Program. Pin ini biasanya berdekatan. Umpamanya, V-Sync pin 26 berarti H-Sync-nya pin 27. V-Sync jika ditelusuri akan terhubung ke arah IC Penguat Vertikal, sementara H-Sync jika ditelusuri akan terhubung ke arah FBT.
Rangkaian Tombol Push-On Pesawat Televisi

Selain pin V-sync dan H-sync, pin ident pada IC Program pun dapat mengakibatkan OSD tidak muncul pada layar. Namun, jika pin ini rusak, ditandai dengan tidak munculnya suara dan saat search auto tuning atau dengan cara manual, gambar tidak tersimpan. Kerusakan ident bisa juga ditandai dengan warna yang hilang-hilang timbul atau hilang sama sekali. Perlu kehati-hatian dalam memastikan bagian mana yang mengalami kerusakan.

Dan gambar di atas, terlihat salah satu kaki saklar push-on dihubungkan ke ground dan kaki yang lainnya dihubungkan secara seri  dengan sebuah resistor ke saklar berikutnya. Langkah yang dilakukan jika salah satu atau semua saklar tidak berfungsi adalah dengan memeriksa komponen sepanjang jalur dan panel kontrol ke pin key in IC Program. Memeriksa saklar push-on dapat menggunakan multitester posisi Ohm x 1. Saat saklar push-on ditekan, jarum Ohm meter menunjukkan angka 0 Ohm. Jika saklar tidak ditekan (dilepas), jarum multitester harus menunjukkan angka tidak hingga (jarum tidak bergerak sama sekali walaupun ring selektor dipindahkan pada posisi Ohm x 10 k). Jika pada posisi ini jarum Ohm bergerak walaupun sedikit, berarti saklar push-on sudah rusak. Untuk memastikan apakah yang rusak bagian saklar push-on atau pada IC Program-nya, cukup dipotong jalur dari IC Program ke rangkaian saklar. Kemudian, dengan menggunakan resistor sekitar 27 Ohm, hubungkan pin key kontrol ke ground. Jika program pada layar berpindah, berarti IC Program-nya baik, yang rusak adalah pada rangkaian saklar dan begitu juga sebaliknya.


28 komentar:

  1. teima kasih artikel ini sangan bermanfaat bagi saya ... thank

    ReplyDelete
  2. oke sama-sama, terimakasih juga atas kunjungan saudara

    ReplyDelete
  3. Terima kasih semoga kita sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
  5. Kl gambar gelap ad garis2 suara normal,,,apa penyebabx bos,,

    ReplyDelete
  6. Kl gambar gelap ad garis2 suara normal,,,apa penyebabx bos,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya gambar gelap bergaris disebabkan oleh petir, coba ganti Ic krhoma atau Ic utamanya, atau periksa blok RGBnya biasanya kapasitor pada G2nya rusak, coba juga atur trimpot contrast pd FBT mgkin saja bisa

      Delete
  7. Maaf gan .kalo tv cina cuma av saja .tidak mw masuk ke tv..kira2 apanya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ic switch pemindah antara Av dan Tv, silahkan telurusi dari terminal Av nanti akan ketemu IC berkaki 16 kl saya tidak salah hitung, ganti IC tersebut mudah2an berhasil

      Delete
  8. Mau tanya gan,tv sharp alexander slim II 29' protek terus dionkan led nyala merah terus hijau kemudian merah lagi, teg B+ dan C kaki tr Hor OK, sedangkan teg 180V,ic vertikal, dan 5v untuk ic micon tidak ada (nol).FBT udah ganti baru dan jalur protek utama pin 81 ic IXD067WJZZ udah diputus tapi tetap protek.mohon bantuannya? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. protec di tv sharp biasanya terletak di bagian vertical dan heater, coba kamu putar contrast di FBT yaitu potensio bagian bawah, lalu hidupkan tv, biasanya dilayar akan terlihat sebentar gejala kerusakannya, jalur bagian protek di kaki ic jgn di putus tapi kamu cari komponen proteknya berupa Tr atau Dioda zener dari kaki tersebut lalu lepaskan komponen tersebut untuk membuka sistem proteknya

      Delete
  9. mw tanya mas...
    sya punya TV sharp kerusakanx tidak mw mnyala..
    hanya lampu stanby wrna merahx saja yg mnyala.apakah jg trmasuk IC program yg rusak, tlong di bantu mas coz bru blajar sdikit"...
    trimakasih sblumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu IC program, ic program jarang rusak tetapi yg sering rusak komponen pendukung disekitarnya seperti elko kering, zener konslet, transistor rusak, resitor terbakar dan menyebabkan tegangan untuk start tv menjadi berkurang bahkan nol

      Delete
  10. Mau tanya om..tv toshiba model lama kerusakannya tidak muncul tulisan pada OSD. Sperti volume, menu, chanel, dll. Mhon pncerahan om. Thank's

    ReplyDelete
  11. Mau tanya om..tv toshiba model lama kerusakannya tidak muncul tulisan pada OSD. Sperti volume, menu, chanel, dll. Mhon pncerahan om. Thank's

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagaimana dengan gambarnya apakah normal?

      Delete
  12. Mau tanya om tv LG kerusakan gambar bagus tapi ngga timbul program seperti volume dan menu mohon,?? pencerahan om...trima kasi

    ReplyDelete
  13. Mau tanya om tv..LG model lama 14 inci menggunakan ic TDA8352B kerusakan tidak muncul tulisan pada layar seperti volume menu Chanel gambar normal mohon minta pencerahan trima kasi om tv

    ReplyDelete
    Replies
    1. temukan jalur VSinc dan Hsin TDA8352B di datasheet, lalu telurusi sinyal Vsin dari IC vrtical, juga sinya Hsin dari kaki AFC flyback. OSD tidak tampil karena salah satu sinyal Vsinc atau Hsinc tidak ada, yg disebabkan ada komponen yg putus atau short, smoga berhasil ya

      Delete
    2. Cara nemuin jalur vsinc dan hsinc nya gimana om?

      Delete
    3. Cari di kaki IC program,jika tidak ada keterangan di PCB cari data sheet IC tersebut di google

      Delete
  14. Mf bos tv ane mati total tpi ada bunyi tik tik. Gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. periksa bagian horizontal atau bagian power suplay ya

      Delete
  15. Mas tv Toshiba 14 inch menggunakan fbt TFB4125cs dan ic program 8801CP. Tidak ada keterangan di pcb untuk ic dan fbt nya. Saya sudah cari2 di internet ngak ada. Kerusakan tidak ada osd. Namun raster dan suara normal. Tes dg dvd(avometer input) normal gambar suara keluar. Gimana ya mas cara ukurannya. Oya untuk tegangan h sync dan vs sync berapa volt ya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari datasheet TA8801AN, kemungkinan data pinnya sama, untuk pin Hsinc didapat dari pin AFC pada FBT, jika tdk ada keterangan di PCB bisa ditelusuri dari kaki-kaki FBT yg sudah kita kenali, misal pin C ke TR horizontal, pin B+ ke 115v, dst. Nah nanti sisa satu pin yg tidak kita kenal itulah pin AFC FBTnya, smoga membantu

      Delete
  16. mas...mw tanya kenapa osilator horizontal gak kerja padahal semua normal suara ada remot berfungsi apakah rusak ic croma nya ea tv cina wansonic.....

    ReplyDelete
  17. Gan kalo tv polytron ultra slim21"mati total setelah ada petir.apakah masih bisa diservice gan? Tolong informasinya

    ReplyDelete
  18. Salam kenal gan, mohon pencerahan ,tv polytron Mx Hbt00-04g, klo di cabut ic reset kia 7045 tv nyala klo di psang kembali tv mati standby, klo dalam posisi nyala tombol volume dan program bisa di gunakan baik di panel atau di remote,tapi klo di tekan tombol menu >osd tidak keluar dan semua tombol jadi tidak berfungsi, mohon pencerahan nya gan... Trimkasih telah berbagi

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.