Cara Membeli Telur Tetas Itik di Pasar Tradisional

Di daerah saya bukan sentra peternakan unggas, baik itik, ayam ataupun puyuh. Jadi jika kita membutuhkan telur tetas yang cukup banyak pasti akan mengalami kesulitan. Pembahasan kali ini kita khususkan untuk Membeli Telur Tetas  Itik untuk ditetaskan pada Mesin Penetas Telur. Tentu kita membutuhkan minimal 100 butir Telur Tetas Itik. Seorang  peternak  itik ditempat saya  tidak banyak memelihara itik, paling seorang peternak mempunyai 10 ekor itik yang dipeliharanya. Letaknya juga berjauhan antara peternak. Maka untuk mengumpulkan Telur Tetas Itik dalam waktu yang singkat pastilah mengalami kesulitan.

Di daerah saya yaitu di kelurahan Tanjung Raja kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan ada pasar tradisionalnya. Pasar ini terjadi dua kali dalam satu minggunya yaitu hari Rabu dan Minggu. Pada hari tersebut para peternak itik membawa hasil telurnya untuk dijual kepada pada pengumpul telur. Peternak ini biasanya mengumpulkan telur sebelum dijual selama dua mingguan baru dijual ke para pengumpul. Mengapa mereka lama sekali mengumpulkan telur itiknya baru dijual? Jawabnya karena itik mereka tidaklah banyak paling 10 ekor yang dipelihara secara tradisional juga. Jadi kalau cepat dijual tanggung karena hasilnya sedikit belum lagi dimakan oleh keluarganya untuk lauk makan mereka.


Telur  Itik di Pasar Tradisional


Kembali lagi ke permasalahan yaitu bagaimana Membeli Telur Tetas Itik , di Pasar Tradisional inilah kita mudah mendapatkan telur itik untuk ditetaskan. Apa bisa telur di pasar tradisional ditetaskan? Tentu bisa karena para peternak tradisional mengumbar bebek mereka diladang, biasanya peternak memelihara seekor atau dua ekor itik jantan, jadi telur itik mereka bisa ditetaskan.  Lalu bagaimana kwalitas telur tetasnya karena peternak lama mengumpulkan telurnya baru dijual sedangkan telur untuk ditetaskan maksimal berumur satu minggu? Nah… inilah tujuan penulisan artikel ini yaitu bagaimana mendapatkan telur yang masih segar untuk ditetaskan dari sekumpulan telur yang tidak diketahui asal-usulnya tersebut.

Cara menemukan telur segar untuk ditetaskan dari telur yang tidak diketahui asal-usulnya ini sudah saya temukan sekitar 20 tahun yang lalu. Sekarang umur saya sudah 36 tahun, jadi hitung saja umur berapa saya menemukan formulanya. Sedangkan ayah saya bukan peternak melainkan seorang guru SD, internet belum ada pada waktu itu, buku susah didapat dan sulit dibeli karena gaji seorang guru pada waktu itu sangat kecil sekali. Masih ingat dibayangan saya, ketika Ibu merebus sebutir telur harus berbagi dengan tiga saudara saya, jadi telur satu butir dibagi empat, tipis sekali ya? Sekarang jadi guru enak ada uang sertifikasinya yang lumayan besar bisa untuk beli mobil jika dikumpulkan dalam waktu setahun. Enak sekali yaaa jadi guru sekarang gajinya besar, tetapi apa hasil kerja mereka sangat menyedihkan sekali.

Sebenarnya untuk mencari telur segar untuk ditetaskan di pasar tradisional tidaklah sulit. Cukup meminta izin kepada penjualnya untuk memilih telur dan meneropongnya satu-persatu, penjualnya pasti mengizinkannya. Bagaimana caranya? Di dalam setiap telur pasti ada rongga udaranya, disinilah letak kuncinya. Telur yang baru ditelurkan dan masih segar mempunyai rongga udara yang cukup kecil, sedangkan telur yang sudah lama disimpan mempunyai rongga udara yang besar. Lihat pada gambar perbedaan telur baru dan telur lama disimpan dibawah ini : 

Telur Baru Bagus untuk Ditetaskan

Pada gambar di atas dapat kita lihat perbedaan antara telur baru dan telur lama disimpan. Telur baru mempunyai rongga udara yang relative sempit jika dibandingkan telur lama disimpan. Tetapi ada juga telur yang posisi rongga udaranya seperti gambar di bawah ini, hindari memilih telur seperti ini untuk ditetaskan karena biasanya tidak akan menetas meskipun fertile. Telur seperti gambar dibawah ini biasanya mati saat penetasan karena tidak mampu memecahkan cangkang telur karena posisinya terbalik kemungkinan sukar untuk memutar badan saat penetasan.
Telur yang tidak Bagus Ditetaskan

Selain dengan melihat besar atau kecilnya rongga udara yang ada dalam telur dengan cara meneropong telur, pemilihan telur tetas harus juga melihat bentuk fisiknya yaitu seperti uraian di bawah ini.

Untuk Telur Itik yang Baik Memiliki Ciri :
  • Jangan menetaskan telur bebek yang berwarna terlalu putih atau terlalu biru. Juga jangan memilih telur terlalu lonjong atau terlalu bulat. Karena telur yang demikian biasanya tidak akan menetas meskipun fertile.
  • Telur bebek yang ditetaskan jangan berumur lebih dari 4 hari. Telur bebek yang berumur lebih dari 4 hari biasanya kualitasnya sudah kurang bagus
  • Telur dalam kondisi bersih, kalau kotor harus dibersihkan dulu sebelum ditetaskan
  • Kulitnya halus, tidak kasar berbintik-bintik seperti pasir yang melekat pada cangkang.
  • Tebal kulitnya rata, agar saat menetas dapat serentak..
Demikianlah cara membeli Telur Tetas Itik atau bebek pada pasar trasisional, dimana asal-usul telur tidak kita ketahui. Selain itu jika kita mau menetaskan telur sebanyak seratus butir, belilah telur sebanyak 200 butir telur. Mengapa demikian? Ini dikarenakan biasanya para peternak itik yang memelihara 10 ekor itik betina hanya memiliki satu ekor pejantan, sedangkan semestinya dari 5 ekor itik betina berbanding 1 ekor pejantan. Jadi dengan demikian Telur Tetas Itik dari pasar tradisional hanya fertile sebesar 50% saja. Setelah tiga atau empat hari pengeraman telur yang kosong akan kita ketahui dengan Cara Diteropong untuk Mengetahui Telur Fertil dan telur yang kosong. Telur kosong kita jual kembali ke pasar tradisional dimana tempat kita membelinya semula.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI. 
Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI



1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.