Cara Menggunakan Modul Thermostat Digital W1209


THERMOSTAT DIGITAL adalah modul Thermostat yang bekerja dengan cara system digital yang memiliki probe sebagai sensor. Kegunaannya untuk menstabilkan dan mengukur suhu dan jika suhu sudah sesuai dengan suhu yang diset, relay akan aktif atau nonaktif, tergantung mode yang anda set (sebagai heating atau cooling mode). Thermostat ini memerlukan tegangan 12 volt DC  (bisa dari Aki atau Adaftor) supaya dapat bekerja.

Thermostat ini merupakan inovasi dari Thermostat Kapsul yang bekerja berdasarkan pemuaian zat cair yang bernama Ether. Bagi para pembuat Mesin Penetas Telur, modul Thermostat Digital ini sangat baik untuk dicoba, selain muda digunakan Thermostat ini juga dilengkapi dengan Thermometer untuk mengukur suhu ruangan. Selain itu bermanfaat untuk peralatan pendingin atau pemanas lainnya, aquarium (aquascape), cooling komputer dan lain-lain.

Gambar  dan Keterangannya :

 Sebuah Thermostat Digital dan Keterangannya

Spesifikasi:
·         Specifications Model: W1209
·         Dimensions: 48mm x 40mm
·         Temperature control mode: ON/OFF
·         Temperature range: -50C to 110C
·         Resolution When temperature is 0.1 the resolution is -9.9 to 99.9, other temperature segment  is 1
·         Control accuracy: 0.1
·         Hysteresis accuracy: 0.1
·         Refresh rate: 0.5S
·         High temperature protection 0C to 110C
·         Supply voltage: for DC 12V
·         Static current: 35mA, attract current 65mA
·         Relay Max Rated Current: 10A
·         Measurement input: NTC (10K 0.5%) Waterproof Sensor
·         Environmental requirements: -10C to 60C

Cara Pengaturan Thermostat

1.    Tekan Set untuk melihat atau mengatur suhu ideal yang diinginkan, tekan + untuk menaikan nilai suhu, atau - untuk menurunkan nilai suhu, kemudian tekan Set kembali untuk menyimpan nilai suhu yang sudah diset.
2.   Untuk masuk ke menu khusus tekan tombol set selama 5 detik, dan akan muncul code settingan, silakan lihat ditabel setting chart yang tersedia berikut.
3.   Untuk merestore ke factory setting: power off module, tekan dan tahan tombol + dan -, kemudian power on module, maka setting akan terestore ke default setting.

Tabel Pengaturan Thermostat Digital

Keterangan Tabel :
  • P0 : Pengaturan apakah thermostat digunakan untuk peralatan Pemanas/pendingin. Simbol Pemanas (H) sedangkan Pendingin (C), jadi jika peralatan kita sebagai pemanas (contoh : mesin tetas) pilihlah H dengan menekan + atau -, demikian sebaliknya.
  • P1 : Ini berungsi untuk mengatur fluktusi suhu, atau selisih suhu saat relay aktif dengan relay mati. Bisa disetting antara 0,1 – 15 oC, semakin kecil selisih suhu yang kita setting maka semakin tinggi frekuensi hidup atau matinya relay atau peralatan. Standar mesin tetas 0,5 0C.
  • P2 : Batas atas suhu yang bisa dikendalikan oleh modul ini yaitu 110 oC ( Tak perlu dirubah).
  • P3 : Batas bawah suhu yang bisa dikendalikan oleh modul ini yaitu -50oC (Tak perlu dirubah).
  • P4 : Kalibrasi kesalahan pengukuran, atur suhu sesuai dengan yang seharusnya jika alat ini menunjukkan suhu yang tidak semestinya dengan membandingkan suhu dengan thermometer yang sudah diketahui keakuratan pengukuran suhunya. Baca disini Cara Mengatur Nilai Kesalahan Pengukuran pada thermostat digital.
  • P5 : Waktu tunda Start, kalau suhu sudah mencapai batas yang kita setting misalnya suhu maksimal mesin tetas 38,5 oC, tentu kita tidak perlu waktu untuk mengaktifkan relay supaya mematikan aliran listrik maka nilainya tetap 0 menit.
  • P6 : Alarm suhu tinggi, bila perlu alarm silahkan aktifkan tetapi jika tidak tak perlu diubah tetap OFF.

Cara Memasang Thermostat dengan Beban :

Pengaturan Thermostat pada Mesin PenetasTelur

1.     Rakitlah rangkaian Thermostat dengan Mesin Penetas seperti diagram di atas, dan pasanglah alat dengan sekerup 4 buah pada lobang PCB Modul. Tempatkan modul ditempat yang aman, misalnya di dinding belakang sebelah dalam mesin tetas (tetapi harus bisa dilihat dari pintu kaca depan.
2.    Hidupkan thermostat dengan menghubungkannya dengan sumber daya 12 Volt DC dari Aki atau Adaftor (adaftor bisa dirakit sendiri atau membeli yang sudah jadi). Nanti akan tampil suhu udara dalam ruangan. Letakkan ujung probe yang merupakan sensor di atas dekat dengan telur, letakkan ditengah ruangan dengan posisi menggantung.
3.     Tekan dan tahan tombol SET sekitar 5 detik, akan masuk menu pengaturan  PO, P1, P3, P4, P5, P6. Pilih menu P0 dengan menekan tombol + atau -. Setelah P0 muncul di tampilan lalu pilih H dengan menekan tombol + atau – (di menu P0 hanya ada dua pilihan yaitu H/C dari table nilai standarnya C). Dimana H = untuk pemanas, C = Pendingin). Lalu tekan SET lagi untuk menyimpan. Lampu indicator akan menyalah dan ada bunyi “klek” tanda relay bekerja dan pemanas/bolam Mesin Penetas semuanya menyalah
4.    Lalu tekan dan tahan SET kembali lalu pilih P1, dengan menekan + atau – ubah nilainya menjadi 0,5 lalu tekan SET kembali sesaat untuk menyimpan. Angka 0,5 adalah selisih suhu antara pemanas/bolam mati saat suhu mencapai maksimum dan pemanas/bolam hidup saat suhu minimum. Lalu tekan SET untuk meyimpan settingan.
5.   Kemudian tekan SET sesaaat/sebentar (jangan ditahan lama), akan tampil nilai suhu yang berkedip lalu ubahlah nilainya sesuai kebutuhan mesin penetas, misalnya 38,5 derajat Celcius dengan menekan tombol + atau -  sampai nilai tersebut. Setelah nilainya 38,5 simpan settingan dengan menekan tombol SET kembali sesaat.
6.      Mesin Penetas sudah siap digunakan, tunggu suhu Mesin Penetas mencapai suhu settingan tadi yaitu 38,5 drajat Celcius, ketika angka menyentuh nilai tersebut pemanas/bolam Mesin Penetas akan mati semua. Tunggu sekitar 1-2 menit, perhatikan suhu akan turun menjadi 38 drajat Celcius maka pemanas/bolam akan menyalah kembali. Kejadian ini akan berulang-ulang sehingga suhu pada Mesin Penetas akan stabil antara 38 – 38,5 drajat Celcius.
7.     Menjadi pertanyaan mungkin mengapa selisih 0,5 drajat naik turunnya suhu Mesin Penetas, kok tidak stabil 38,5 drajat. Ini karena tadi kita telah mensetting P1 sebesar 0,5 drajat, bisa kita menstting suhu stabil 38,5 drajat dengan mengubah P1 menjadi 0,1. Tetapi kejadiannya nanti pemanas/bolam akan menyalah hidup mati seperti lampu hias karena terlalu sering hidup dan mati. Selain itu relay Thermostat akan cepat rusak karena seringnya terjadi percikan api saat sakelar relay menghubungkan dan memutuskan aliran listrik.
  
8.    Jika ada thermometer teman yang sudah terberhasil menetaskan telur dengan persentase penetasan yang baik, sebaiknya bandingkan pengukuran thermometer pada modul dengan thermometer teman tersebut apakah terjadi perbedaan pengukuran. Jika terjadi perbedaan lebih tinggi 1 oC pada pengukuran di modul kita tak jadi masalah, misal di modul terbaca 39oC berarti suhu sebenarnya adalah 38oC. Demikian juga sebaliknya. Perbandingan ini penting guna meningkatkan persentase penetasan dari pengukuran suhu yang tepat.


SELAMAT BERKARYA DAN SEMOGA SUKSES !!!

Kelebihan thermostat ini sudah dilengkapi dengan thermometer, jadi kita tidak memerlukan thermometer ruang analog yang terbuat dari kayu lagi. Selain itu fluktuasi suhu bisa kita setting sekehendak kita yaitu dari  0,1 - 15 drajat Celcius, sehingga persentase penetasan akan lebih baik.

Saya siap untuk melayani Anda yang berminat pada produk Kit Thermostat Digital ini, silahkan hubungi saya di system toko online Oi Shop klik Toko Pedia atau Bukalapak  pada pojok kanan bawah artikel ini ya!! Harga : Rp. 50000,-. Bukalapak adalah cara belanja yang aman dan 100% bebas penipuan.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118 atau Chat WA 085669318076 , transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI
Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI


51 komentar:

  1. pak mau tanya.rangkaian kabel listrik nya tidak menyala..padahal semua sudah terpasang dg benar kira2 gimananya pak..kok lampu tidak hidup..suhuh sudah diatur .....tlg dibantu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek power suply adaftor 12 Voltnya, ukur tegangannya 12 volt atau kurang, jika tegangannya kurang maka relay tidak bekerja, atau settingan H/C di P0 mungkin dalam posisi C maka relay belum bekerja sehingga rangkaian listrik 220 voltnya tidak bekerja

      Delete
    2. ok pak...makasih atas infonya.....nanti saya akan cek akinya....utk setingan sudah oke..

      Delete
    3. mau tanya lagi pak....adaptor 12v nya yang 12v 2A bisa..atau yg bepapa amper ?

      Delete
    4. tidak perlu ampeere besar, yg penting tegangannya sampai 12 Volt DC

      Delete
    5. Ass,pak saya minat thermostat digitalnya bisa di kirim ke serang gak pak
      Ini nomor hp saya 087771057435

      Delete
    6. Mau tanyak yg sudah pakai thermoter digital nya tinggat keberasial nya beberApat persen yg sudah mencoba dan tlur yg di tetaskan menetas

      Delete
    7. tingkat keberhasilan tergantung keakuratan thermometer mengukur suhu dan perawatan telur selama proses penetasan, juga kwalitas telur

      Delete
  2. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Atau Lihat Di internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


    PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

    PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

    BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

    RITUAL TOGEL/LOTREY

    ReplyDelete
  3. Gan ane punya termostat wh7016 gimana cara setingnya gan..buat penetas telur

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya tidak punya thermostat jenis ini, tapi saya yakin pengaturannya sama saja dengan thermostat w1209 ya,coba dibaca panduannya jika ada

      Delete
  4. Replies
    1. silahkan klik link tokopedia atau bukalapak ya

      Delete
  5. Mas kalo pasang bohlam 5 wat nya disambung sebelah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tanda bulat diberi silang merupakan simbol bolham lampu

      Delete
  6. mas kalau untuk membuat kulkas mini memakai peltier .......
    fan nya di pasang dimananya ya mas??

    ReplyDelete
  7. mas kalau untuk membuat kulkas mini memakai peltier .......
    fan nya di pasang dimananya ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya saya tidak memahami pertanyaan saudara, saya juga tidak pernah membuat suatu barang

      Delete
  8. Maaf mas saya mao tanya alat alat yg di butuhkan untuk mesin tetas apa aja ya masi bingung saya, terimah kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan satu alat ini sudah cukup, tapi lebih baik jika ada alat pengukur kelembaban yaitu higrometer

      Delete
  9. maaf mas mau tanya, thermostat saya displayna berkedip2 jika di atur lebih dari 28C. ke lampu juga tidak mau menyala walaupun di belum mencapai suhu yang ditentukan. padahal sebelumnya normal. itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kamu ikuti langkah-langkah yg sudah saya jelaskan diatas, cek sumber tegangannya sampai 12 volt atau tidak, jika semuanya sudah dicek masih tidak ada perubahan berarti ada kerusakan

      Delete
  10. Maaf mas mau tanya klo cara mengatur naik turun nya suhu kalo pake yg kapsul gmna ya mas...

    Makasih mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika suhu sudah mencapai misalnya 38,5 putar sekerup kapsul sampai kapsul menekan switch sehingga pemanas/lampu mati, itu saja caranya

      Delete
  11. mas mau tanya,. kalo di displaynya cuma tertera 888 itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
  12. mas mau tanya,. kalo di displaynya cuma tertera 888 itu kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kencangkan terminal sensornya, atau sensornya rusak

      Delete
  13. untuk power dc yang dibutuhkan ampere nya yang di recomendedkan berapa ya ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada ampere yg disarankan, krn wattnya rendah jadi yg penting tegangannya mencapai 12 volt, jika tegangannya kurang relay tidak bekerja sehingga pemanas tidak menyalah

      Delete
  14. pak dalam pemasangan saya ada kendala.sewaktu saya set PO di H kok mesti lsg kembali ke C.dan saya menggunakan adaptor 12v 3amp.kira kira solusinya seperti apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya thermostatnya tidak mau menyimpan settingan, coba ukur power suplaynya 12 volt atau tidak sampai, jika u memenuhi berarti thermostatnya yg punya masalah

      Delete
  15. gan kalo outputnya bukan arus AC tapi arus DC bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa untuk AC dan DC outputnya, tapi power suplay alat harus DC 12 volt

      Delete
    2. ok thx gan....
      lokasi dimana gan?

      Delete
  16. Mas untuk penetes telur ayam,,, di termostat ini penyetingan di angka berapa 37,5 atau 38,5

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih aman di 38,5 C, tetapi coba dicek lagi apakah pengukurannya sudah akurat yaitu dengan membandingkan dengan termometer teman atau mencelupkan sensor pada cairan es apakah 0 c, jika tidak kalibrasi suhu pada menu P4

      Delete
  17. Mas untuk penetes telur ayam,,, di termostat ini penyetingan di angka berapa 37,5 atau 38,5

    ReplyDelete
  18. Mas. Saya sudah beli model termostat w 1209. Pas masang yg 12v dan gnd pake carger bekas hp lampu suhu menyala dan relay bekerja dengan setingan po sampe p6 saya coba bisa. Tapi yg output (ko dan k1) tidak mau bekerja padahal sudah dikasih bohlam tidak mau menyala. Trus percobaan kedua dengan menambah steker di output lgsung ke stop kontak jg gk bs. Kira2 itu yg rusak apanya? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampu indikator hidup untuk settingan heater/pemanas, coba set P0 nya menjadi H, juga ukur tegangan adaptor apakah cukup 12v, minimal 11 volt spaya relay bekerja, sedangkan teg. adaftor charger hp 7v

      Delete
  19. Arus da benar dc12v trus lampu sudah nyala pas disetelan temp lampu mati tp pas temp turun lampu indikator nyala lanpu bohlamnya ga nyala ky ga ngangkat muhon pencrahannya trims

    ReplyDelete
  20. Arus da benar dc12v trus lampu sudah nyala pas disetelan temp lampu mati tp pas temp turun lampu indikator nyala lanpu bohlamnya ga nyala ky ga ngangkat muhon pencrahannya trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ukur tegangan dc 12v nya, kemungkinan tidak sampai 12 volt

      Delete
  21. numpang tanya pak..jadi misal mau pakai lampu 5watt gt,pakai lampu 5watt/220v gt apa khusus 5watt/12V..masalahnya yg masuk dithermostat itu kan 12V..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. teg 12v itu adalah suplay listrik untuk menghidupkan thermostat, tetapi outputnya bisa untuk dipasang beban/lampu dengan tegangan 220v, bisa kamu lihat cara merangkainya ya

      Delete
  22. Slmt sianh, izin bertanya:
    1. Sy ad power supply dg input 220v ac dan output 12v dc 3A sbg sumber daya termostat. Sy masih bingung cara merangkainya.
    2. Pd output powersuply ad 3 kabel: ground, v-, v+. Sedangkan pd input thermostat cm ad 2 kabel: v+ dan ground. Jd output powersuply yg sm sambung kabel yg v+ dan v- atau ground?

    3. Untuk input powersuply kan ad 2 kabel: kabel arus dan netral. Dan ad lambang L dan N di masing2 colokan. Apakah setiap sy hubungkan dg listrik harus sy pastikan L dan N tidak tertukar? Kalo tertukar apakah berbahaya/ merusak?

    Maaf panjang, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  23. Mas sy punya thermostat type w1209. Waktu sy colok listrik kok display nya cm kedip kedip aja. Gk bs masuk settingan p0- p6. Kira2 knapa ya

    ReplyDelete
  24. Mas,mau tanya nih, itu kan ada jalur untuk pengembangan, itu bs untuk apa, trus di settingan P6, kan untuk alarm, trus untuk mengetahui alrm berfungsi tidak nya bgimana, sedangkan buzer tidak tersedia

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.