Trik Sederhana Memperbaiki Kerusakan Kipas Angin Mati Total

Kipas angin adalah salah satu peralatan listrik yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia terletak pada iklim tropis sehingga suhu udara sangat panas, jadi memerlukan kipas angin sebagai penyejuk ruangan pengganti  AC yang harganya lumayan mahal. Seluruh rumah di Indonesia hampir dipastikan mempunyai kipas angin, jadi peran kipas angin sangat dibutuhkan. Kipas angin yang beredar  dengan berbagai merk, mulai dari Panasonic, Maspion, Cosmos, Miyako, dan masih banyak lagi yang lain. Tetapi yang paling banyak saya temui mrek Maspion. Selama memperbaiki kerusakan kipas angin, mrek Maspion mempunyai kerusakan mati total padahal baru satu atau dua bulan dibeli. Tentu hal ini akan membuat kita jengkel dan marah karena kipas angin baru dibeli kok sudah rusak.

Pada tulisan ini saya mengkhususkan perbaikan kerusakan kipas angin mati total terutama untuk kipas angin mrek Maspion (untuk mrek yang lain prinsipnya akan sama saja). Kerusakan kipas angin yang sering saya jumpai 80 %  adalah mati total, gejala kerusakan mati total yaitu ;

  • Lampu indicator masih menyalah tetapi kipas tidak mau berputar
  • Tidak terdengar bunyi getaran pada dynamo kipas
Dinamo Kipas Angin Maspion

Kerusakan kipas angin mati total biasanya berawal  dari kerusakan kipas yang berputar lambat. Kipas angin putaran lambat itu disebabkan karena banyaknya kotoran debu yang sudah lama menempel dan tidak pernah di bersihkan terutama pada poros rotor/ as kipas angin. Oleh sebab itu kita harus membongkar dan membersihkan minimal dua bulan sekali agar kipas angin tersebut bisa bekerja secara maksimal tanpa ada beban selain angin dengan cara membersihkan debu dan memberi minyak pelumas pada rotor/ as kipas angin. Pada kesempatan yang kali  ini, saya akan berbagi sedikit informasi mengenai cara memperbaiki kerusakan kipas angin, terutama kerusakan kipas angin mati total supaya jika diantara pembaca yang menemukan kerusakan seperti  ini tidak perlu membawa ke tukang servis dynamo ataupun tukang servis kipas angin keliling, karena prinsip dan trik yang saya berikan disini sama saja dengan yang nantinya mereka lakukan.

Kapasitor dan Sekering Panas Kipas Angin

Sebelum saya menjelaskan trik perbaikan, sebagai bocoran kerusakan kipas angin mati total setelah baru saja dibeli ini, disebabkan oleh putusnya sekering panas yang terletak dalam lilitan dynamo kipas angin. Bagi pembaca yang awam dengan perbaikan peralatan listrik, penggantian sekering ini tidak mungkin anda lakukan, hanya yang berpengalaman saja yang saya anjurkan. Kalau pembaca mau coba-coba mengganti sekering ini tanpa pengalaman dimiliki tidak saya anjurkan, membongkar dynamo kipas angin cukup rawan, sedikit saja kesalahan bisa menyebakan kawat lilitan putus tanpa diketahui dimana tempat menyambungnya kembali.  Jadi jangan coba-coba ya membongkar dynamo kipas angin tanpa pengetahuan cukup karena kawat tembaga lilitannya hanya sebesar sehelai rambut dan gampang putus.

Pada trik sederhana perbaikan kipas angin ini pembaca tidak perlu membongkar dynamo kipas angin, tetapi hanya membongkar kipas dan penutup belakang dinamonya saja. Untuk melakukannya cukup sediakan alat-alat sederhana saja dan pasti semua pembaca sudah memilikinya :
  1. Siapkan alat obeng plus dan tang potong, atau pisau.
  2. Sehelai kabel dengan panjang 20 cm.
  3. Minyak pelumas mesin jahit mrek singer atau sejenis
  4. Laksban
  5. Kuas atau kain lap
Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, bongkar kipas dan penutup belakang kipas angin menggunakan obeng. Untuk melepaskan kipas putar bagian penahan kipas bagian depan biasanya warna hitam dengan  arah searah jarum jam (melonggarkan), dan berlawanan arah jarum jam (mengencangkan). Bersikan semua debu dan kotoran dengan kuas dan lap sampai bersih. Setelah bersih putar rotor/ as kipas angin dengan tangan dan beri minyak pelumas pada as bagian depan dan as bagian belakang sampai putarannya menjadi ringan. Nah sekarang proses pembersihan sudah selesai, dan sekarang mulailah kita melakan trik sederhana supaya kipas angin bisa berfungsi lagi dengan baik. Cara begini :
  1. Kupas sedikit pembungkus kabel dari dynamo ke leher kipas angin (Lepas dulu kabel power kipas angin dari stop kontak)
  2. Dari berbagai warna kabel dari dynamo, carilah kabel yang berwarna “Putih ada Strip Hitam” atau putih saja. Kabel dengan warna ini merupakan kabel arus masuk ke dynamo, tetapi sebelum masuk kelilitan dynamo arus melewati sekering panas terlebih dahulu. Nah sekering inilah yang menghambat arus masuk sehingga kipas mati-total.
  3. Ambil sehelai kabel sepanjanag 20 cm, kupas sedikit ujung-ujungnya, lalu satu ujungnya sambungkan dengan kabel yang berwarna putih strip hitm tersebut lalu isolasi dengan laksban.
  4. Cari dua kabel yang terhubung ke kapasitor (benda seperti jimat), buka isolasi atau lasdop pembungkus sambungannya dan hubungkan salah satu dari dua kabel tersebut ke sehelai kabel yang sudah terhubung ke kabel putih strip hitam.
  5. Lakukan tes sebentar dengan menghubungkan kabel power kipas angin ke stop kontak, jika as kipas berputar ke kanan berarti hubungan sudah pas, tetapi jika berbalik arah/tidak mau berputar lepas hubungan kabel di kapasitor dan pindahkan ke kabel yang kedua pada kaki kapasitor.
Cara Menjumper Kabel Kapasitor dan Kabel Putih

Demikian cara sederhana memperbaiki kerusakan kipas angin mati total yang baru saja dibeli, jika gejala kerusakannya seperti di atas mudah-mudahan kipas anginnya akan kembali bagus seperti semula. Artikel ini ditujukan untuk para pembaca yang bukan teknisi atau bagi adik-adik yang baru mau belajar menjadi teknisi. Trik ini banyak dikerjakan oleh tukang servis kipas angin keliling, karena waktu yang diperlukan singkat dan akurat, seandainya dalam satu hari mendapatkan 10 kipas angin dengan kerusakan seperti ini, dengan biaya servis 30 ribu, lumayan bisa menghasilkan uang Rp 300.000 perhari. Suatu pekerjaan sepeleh tetapi penghasilan diluar dugaan.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :


BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI
Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI



33 komentar:

  1. berarti arus tidak melewati sikring? fungsi sikring bukannya sebagai indikator/pemutus arus apabila terjadi panas berlebih? kalau tidak melalui sikring maka jika panas berlebih apa tidak membahayakan? misalnya meledak atau terjadi kebakaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang yg namanya triks ada kelemahan dibalik praktisnya, makanya harus hati2 jika kipas angin sudah pernah diservis, krn tukang servis kebanyakan tidak lagi pasang sekering dan tidak peduli dengan akibat yg ditimbulkannya

      Delete
    2. Saya sudahencoba itu.. Jadi meteran nembak trus.. Brti cara di atas gk ada gunanya.. Tombol satu hidup.. Tombol dua nembak.. Tenaga berlebihan

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Artikelnya sangat membantu bagi pemula yang baru belajar komponen elektronika, tentunya ini jadi referensi buat saya. terimakasih banyak,, salam kenal

    Toko Elektronik Terlengkap
    Jual Arduino Murah
    Jual Komponen IC TV
    Distributor Komponen Elektronika Murah
    Jual Hinode Fuse
    Jual Rotary Encoder
    Jual LCD Display

    ReplyDelete
  4. Tks Mas Asri atas sharing ilmunya, semoga ilmu Mas Asri diganti bahkan ditambah lagi ilmu dan pahala oleh Yang maha Kuasa..amin
    Mohon izin untuk saya copas dan saya terapan.
    Kipas angin saya Maspion JF-2109T mati total.
    Sepertinya kabel catu daya PLN yang terhubung ke kabel putih yang ke spul, di spulnya putus.
    Saya hubungkan kabel putih tersebut (yang masih tehubung dengan catu daya PLN) dengan kabel pink yang terhubung dengan Capasitor..alhamdulillah motor/kipasnya berjalan/berfungsi (seperti) normal.
    Jadi kabel-kabel yang saya hubungkan tersebut dijadikan satu yaitu kabel putih dari spul, kabel dari catu daya PLN, kabel pink dari spul dan kabel dari salah satu kaki capasitor.
    Pertanyaan saya apakah cara sepetinya ini menjamin kipas angin berjalan baik/normal dalam waktu lama, awet dan tidak membahayakan/terbakar?
    Tks, was

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa awet asal rotor atau as dengan bantalannya rajin diberi pelumas (pakai pelumas mesin jahit singer) dan dibersihkan dari debu sehingga bisa berputar dengan lancar, jika as-nya sulit berputar atau tidak mau berputar sama sekali dan kipas dalam posisi On,maka kawat kumparan akan panas dan terbakar dan kipas angin akan sulit untuk diperbaiki lagi krn harus mengganti kawat emailnya

      Delete
  5. RAHMAD
    Pak,Mohon informasinya mengenai kerusakan pada fuse kipas angin, apakah harus diganti atau disambung saja, kayaknya kurang aman kalau disambung, atau bgmn, pak?

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya diganti fusenya tp daripada mencari fusenya sulit disambung saja

      Delete
  6. Saya ingin bertanya
    Kipas angin kecil merk maspion saya mati
    Tapi sebelum mati masih dapat digunakan pada siang hari. Lalu pada saat akan dinyalakan pada malamnya kipasnya mati
    Kira-kira apa penyebabnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba beri pelumas pada kedua ujung porosnya ya, lalu puter2 sampai tidak kesat lagi

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Maaf pak,udah saya coba praktekin,kabel putih yg dari leher sma 1 kabel dari kapasitor,kok masih ga mnyala pak..
    gmna itu pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hubungkan ke kabel kapasitor yg satunya, jika listriknya masuk dengan ditandai adanya bunyi getaran, coba dicek mungkin porosnya kesat dan kasih pelumas, atau kemungkinan kapasitornya rusak

      Delete
  9. Om..
    Kipas ane kok malah meledak yah setelah ikuti cara diatas?
    Apa ada kabel putih lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. triks ini khusus mrek maspion, mgkin mrek kipas kamu bukan maspion jdi kabel putih bukan input tegangan

      Delete
    2. jdi yg d jumper kabel input tegangan - kapasitor.
      nah.. misal klo kipas merk lain, beda warna kabel.. ciri"/cek kabel "input tegangannya" yg gmna pak? thnks.

      Delete
    3. iya benar, input teg. ke kapasitor, mrek lain kita harus tahu warna kabel input tegagannnya

      Delete
  10. makasih atas infonya mudah2an bermanfaat...

    ReplyDelete
  11. Malam mas...sebelumnya saya mau berterima kasih atas ilmunya dan saya mau bertanya atas apa yg saya alami...saya punya kipas maspion kotak tipe jf 2102 t,awalnya menyala tanpa masalah sampai akhirnya jatuh di atas kasur lalu tidak mau nyala lg dan tidak ada efek apapun di mesin saat saya colok powernya...kira2 apa masalahnya yah?mohon pencerahannya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kemungkinan ada kabel yg putus, atau sekering panas didalam kumparannya yg putus, coba lakukan triks diatas ya

      Delete
  12. Halo mas, sy mau nanya, kipas sy Cosmos awalnya baling2 seret, sekarang mati total, saya bongkar penutup belakang mesin, penuh debu,..bagaimana cara ngecek yg rusaknya?? langsung beli kapasitor baru, atau bongkar mesin dinamo ngecek kabel yg putus???trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. mgkin as rotornya keset, beri minyak pelumas mesin jahit singer lalu putar2 as rotor sampai tidak keset lagi ya

      Delete
  13. Pagi pak mau tanya kipas angin sy merek cosmos kok sering macet putaranya, kl selesai di bersihkan(di kasih minyak) bisa lagi tp dlm wkt 2minggu tdk putar lagi yang volume 1 dan 2. Kl di volume 3 bisa putar,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu disebabkan as rotor keset kembali, coba ganti kedua bantalan as rotonya dengan yg baru, tp jika mau ganti harus rajin memberi minyak pelumas pada bantalan as rotornya

      Delete
  14. Daftar Situs Poker Online Terbaru 2017-2018 Uang asli indonesia terpercaya!!
    Play now!!
    Asian gambling real money, free chips for new member $100 register here!!
    Poker online , Domino Online , bandarqq , Gaple online

    PLAY
    dinastipoker
    PLAY
    wongpoker
    PLAY
    onebetqq
    PLAY
    bungaqq
    PLAY
    pokergalaxy

    ReplyDelete


  15. INSTA88 SITUS AGEN JUDI ONLINE TERBESAR, TERBAIK, TERPERCAYA

    INSTA88 adalah situs judi online terbesar, terbaik dan terlengkap yang sudah terbukti profesional, aman dan terpercaya.


    INSTA88 website judi bola online, live casino, slot game, togel, sabung ayam & bola tangkas
    Keunggulan INSTA88:
    - memiliki BCA, BNI, BRI, CIMB NIAGA, DANAMON, MANDIRI & PERMATA
    - dapat melakukan deposit menggunakan nama orang lain
    - sangat cepat dalam proses deposit & penarikan


    INSTA88 memiliki permainan:
    Sportsbook:
    - Sbobet
    - IBC / Maxbet
    - CMD / 368bet / MR8 ASIA
    - 998bet
    - SBC168

    Live casino:
    - Sbobet / 338A
    - CBO855
    - GD88
    - ION casino

    Slot game:
    - Sbobet
    - Joker123 / Tembak ikan

    Togel:
    - ISIN4D / TELAK4D
    - KLIK4D

    Bola tangkas:
    - Tangkasnet
    - 88tangkas
    - Tangkas 368MM

    Sabung ayam:
    - S128
    - CF88
    - COCKFT


    Saat ini kami memiliki promo:
    1. Bonus deposit sportsbook 3%-50%
    2. Bonus deposit mix parlay 10%
    3. Cashback sportsbook 5%-15%
    4. Cashback mix parlay 100%
    5. Cashback sabung ayam 5%-15%
    6. Rollingan sabung ayam
    7. Rollingan live casino
    8. Diskon / potongan togel
    9. Jaket gratis

    Untuk info lebih lanjut seputar produk, bonus, dll silahkan hubungi kami:
    No HP: 081315983911
    Pin BBM: 2B53A2B0
    Line: CS_INSTA88
    Wechat: CS_INSTA88

    LINK ALTERNATIF KAMI
    www.insta88.com
    www.insta88.net
    www.insta88.org
    www.centre88.net
    www.lontongsate.com
    www.satelontong.com

    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Kalau cara menghilangkan bunyi yang berisik di kipas angin bagaiman ya?

    ReplyDelete
  17. Pak..mau nanya..kipas angin saya merk miyako..mati total..tp sebelum mati sempet ada ledakan kyk kabel konslet gtu pak...kira2 gmn ya pak?trmks

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.