Cara Memodifikasi Kit Charger Aki Otomatis

Berdasarkan pertanyaan dari para pembeli dan calon pembeli Kit Charger Otomatis yang saya jual, banyak dari mereka yang bertanya apakah kit ini mampu untuk mengecas Aki dengan kapasitas yang lebih besar. Sedangkan dari pengujian yang telah saya lakukan, kit charger otomatis ini secara normal hanya mampu untuk aki  12 Volt dengan kapasitas maksimal 32 Ah. Hal ini disebabkan SCR yang digunakan bertipe C106MG dengan kemampuan mengalirkan arus maksimal 4 Ampere. Jadi penggunaan trafo untuk kit charger otomatis ini hanya sebatas 5 Ampere dengan tegangan pengecasan 15 Volt saja.

Supaya kemampuan  kit charger otomatis ini meningkat, maka diperlukan modifikasi atau penggantian komponen SCR yang kemampuan mengalirkan arus yang lebih besar. Setelah saya search digoogle didapatkan type SCR BT151 dengan arus 12 Ampere dan SCR BT152 dengan arus 20 Ampere. Tetapi SCR jenis ini cukup sulit dicari di daerah saya, dengan melihat datasheet  SCR BT151 dan SCR C106MG ada perbedaan di terminal G nya. Therminal G untuk SCR 106MG yang digunakan di kit Charger otomatis ini adalah jenis gate  sensitive, sedangkan terminal gerbang SCR BT151 merupakan gate yang tidak sensitip.

Artikel Terkait : Memahami Cara Mengecas Aki yang Baik


SCR dan Mosfet

Karena Gerbang SCR BT151 adalah gerbang yang tidak sensitip saya memutuskan tidak mencarinya lagi, takut nanti sudah repot mencarinya tapi sewaktu dipasang di kit tidak berfungsi. Kemudian secara kebetulan saya mendapatkan komponen berupa mosfet bertype IRF540N pada peralatan listrik yang sudah rusak dan tidak digunakan lagi. Saya search di google untuk mencari datasheetnya, setelah didapatkan datasheet IRF540N didapatkan kalau komponen ini mempunyai kemampuan mengalirkan arus sekitar 30 Ampere. Luar biasa IRF540N dengan body yang sekecil ini mampu menghantarkan arus sebesar itu.


Setelah dipasang dan saya tes kit charger bekerja dengan baik dengan Mosfet IRF540N ini (Mosfet dengan kode yg lain juga bisa untuk dicoba). Tentunya antara komponen Mosfet dan SCR merupakan komponen yang berbeda. Mosfet termasuk jenis transistor sedangkan SCR sejenis dioda . Tetapi antara Mosfet dan SCR sama-sama mempunyai tiga kaki dan satu kakinya sama yaitu kaki G atau Gate. Posisi kaki G pada Mosfet dan SCR juga berbeda yaitu kaki Gate mosfet pada nomor 1 sedang kaki Gate SCR pada nomor 3, jadi saat kita melakukan penggantian komponen posisi  kakinya harus diperhatikan jangan sampai tidak tepat atau tertukar. Lihat pada gambar sketsa berikut :

Artikel Terkait : Jual Inverter Pengubah Arus DC 12 Volt Menjadi AC 220 V



Cara Pemasangan Mosfet pada Kit Charger

Selain SCR yang perlu diganti, komponen yang lainnya adalah dua buah tahanan batu yang yang bernilai 1,5 ohm 5 watt perlu ditambah dua buah lagi yang dipasang secara parallel. Tahanan batu yang diparalel cukup dipasang di bagian bawah pcb kit charger otomatis tepat dibawah tahanan batu yang sudah ada. Posisi pendingin perlu diputar, atau dilepaskan dan dipasang ditempat yang lain karena sudah tidak cocok lagi akibat perbedaan posisi kaki Gate pada mosfet dengan SCR, bila perlu ganti dengan heatsink yang lebih besar lagi. Hasilnya seperti pada gambar berikut :


Tampak Atas

Tampak Depan

Akhirnya kit charger otomatis yang biasanya hanya mampu dipakai pada trafo 5 Ampere sekarang bisa dipakai untuk trafo 10 Ampere. Kit charger yang biasanya hanya mampu secara normal untuk mencas aki maksimal 32 Ah sekarang bisa untuk mencas aki dengan kapasitas maksimal 100 Ah. Kit charger tanpa relay ini cukup awet karena tidak menggunakan relay, fungsi relay tidak cocok untuk menghantarkan arus listrik yang cukup besar dalam waktu yang lama, karena ketahan kontak-kontaknya sering terjadi tumpukan endapan akibat percikan api dan tahanan antara kontak-kontak yang menimbulkan panas saat dipakai.

Artikel Terkait : Jual Charger Controller Panel Surya

Tampak Samping

Prinsip kerja kit charger otomatis tanpa relay ini yaitu menjaga keseimbangan tegangan aki saat penuh dengan tegangan pengisisan, sehingga tegangan dijaga stabil pada nilai 13,4-13,7 volt sehingga pengisian terhenti (Cut-Off) setelah titik keseimbangan tegangan tersebut tercapai (Floating Voltage). Demikianlah cara memodifikasi kit charger otomatis tanpa relay ini dengan sangat mudah dimana IRF540N juga banyak terdapat dipasaran. Semoga artikel ini bermanfaat banyak bagi pembaca. Kit charger dan inverter bisa dipasang dengan sebuah trafo dengan dua fungsi yaitu sebagai Inverter dan sebagai Charger, silahkan baca Cara Merangkai Inverter dan Charger dengan Satu Trafo.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.