Cara Setting Charger Controller Panel Surya dengan Indikator LED dan Tampilan Layar LCD



Jika baru mengenal Charger Controller Panel Surya pasti akan kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Kita bingung tentunya dengan ditambah rasa takut jika alat menjadi rusak kalau salah merangkainya, selain harganya relative mahal, tidak ada garansi, juga membelinya dilakukan secara online (pesan satu lagi). Bagi yang memahami ilmu kelistrikan tentu tidak akan mempunyai masalah, karena dipikirannya akan muncul sendiri logika-logika tentang ilmu suatu alat listrik yang baru dikenalnya. Tetapi bagaimana jika yang menggunakan alat ini tidak memahami ilmu listrik, apalagi di panduan Charger Controller Panel Surya hanya memiliki bahasa Inggris dan China dan meskipun diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia masih mempunyai istilah-istilah yang rumit untuk dipahami. Maka dari itu saya menulis artikel ini saya untuk membantu mereka yang sedang kebingungan merangkai alat ini.

Sebelum membahas lebih dalam Charger Controller Panel Surya, sebaiknya kita mengetahui dan memahami fungsi Solar Charge Controller/ Controller Panel Surya, beberapa fungsi dari Solar Charger Controller adalah :

  • Mengatur arus untuk pengisian ke baterai atau aki, menghindari overcharging (kelebihan mengisi) dan overvoltage (tegangan berlebihan), 
  • Mengartur arus yang dipakai dari baterai atau aki  agar baterai atau aki tidak terkuras sampai habis (full discharge), dan overloading (beban berlebihan) 
  • Mengawasi temperatur baterai.

Untuk membeli sebuah Charger Controller Panel Surya, kita harus memahami spesifikasi Panel Surya yang kita miliki. Pada panel surya biasanya ada tulisan yang menjelaskan spesifikasinya, misalnya panel surya dengan daya 50 WP, arus maksimum  2,8 Ampere, tegangan maksimum 21 Volt. Nah.. dari data tersebut kita bias memutuskan spesifikasi Charger Controller yang sebaiknya kita beli. Dengan spesifikasi di atas bias kita simpulkan bahwa kita cukup membeli Charger Controller Panel Surya dengan spesifikasi :

  • Tegangan 12/24 Volt DC, 
  • Kemampuan menghantarkan arus dari Charger Controller. Pilihlah Charger Control 10 Ampere (paling kecil 10 A).
  • Full charge (pengisian baterai sampai baterai benar-benar penuh) dan low voltage cut (penghentian pensuplaian listrik ke beban karena baterai berada pada tegangan terendah) dan mempunyai proteksi beban lebih (overload).
Seperti yang telah disebutkan diatas Charger Controller yang baik biasanya mempunyai kemampuan mendeteksi kapasitas baterai. Bila baterai sudah penuh terisi maka secara otomatis pengisian arus dari panel surya berhenti. Cara deteksi adalah melalui monitor level tegangan tertentu, kemudian apabila level tegangan turun maka baterai akan diisi kembali.

Solar Charge Controller biasanya terdiri dari :
  • Input Controller yaitu 2 terminal + dan - yang terhubung dengan output panel sel surya,
  • Input Baterai yaitu 2 terminal + dan - yang terhubung dengan baterai/aki  
  • Output yaitu 2 terminal + dan - yang terhubung dengan beban.
Mungkin sudah cukup ya penjelasan tentang pengetahuan dasar Charger Controller Panel Surya, sekarang kita mulai mempelajari bagaimana cara mensettingnya. Charger controller Panel Surya banyak macamnya dan berbagai mrek, tetapi secara umum pengaturan settingnya akan hampir sama, karena tidak mungkin saya menjelaskan disini satu-persatu setiap macam dan mreknya. Disini saya cukup menjelaskan Charger Controller Panel Surya dengan indicator LED dan Controller dengan tampilan layar LCD.



Setting Charger Controller Panel Surya Indikator LED
  1. Hubungkan Charger Controller ke baterai 12 Volt atau 24 Volt (ingat baterai atau aki harus dihubungkn terlebih dahulu).
  2. Tekan dan tahan tombol setting untuk mengaktifkan mode tampilan, maka akan muncul menu yaitu :

  • 0 : jika kita memilih ini maka charger controller panel surya hanya difungsikan sebagai alat cas, sedangkan hubungan ke beban diputuskan.
  • 1-13 : jika kita memilih ini maka beban hanya akan dihidupkan atau tersambung jika matahari sudah tenggelam, lamanya waktu terhubungnya bias diatur dari 1-13 jam.
  • L : Beban akan hidup/ dihubungkan mulai dari senja sampai fajar
  • C : Beban selalu tersambungbaik siang ataupun malam dalamwaktu 24 jam kecali baterai sudah lemah akan otomatis terputus.

Berikut penjelasan tentang penunjukkan pada indicator LED-nya bias dilihat pada gambar di bawah ini.

Setting Charger Controller Panel Surya dengan Tampilan Layar LCD
  1. Hubungkan Charger Controller ke baterai 12 Volt atau 24 Volt (ingat baterai atau aki harus dihubungkn terlebih dahulu).
  2. Tekan dan tahan tombol Menu sekitar 3 detik kemudian tekan tombol + atau -, maka akan tampil menu seperti gambar :
  3. Atur parameter angka secara standar saja atau default seperti gambar dengan tombol + atau –
  4. Tekan menu skali lagi untuk menyimpan dan keluar.

Tambahan :
  1. Tekan tombol (Donw) untuk On/OFF beban manual di tampilan utama
  2. Mode kerja adalah bekekerja sebagai berikut :

  • 24H : Output beban 24 jam
  • 1-23H :  Beban On setelah matahari terbenam dan terputus sesuai settingan jam.
  • 0H : Beban hidup ketika senja dan mati setelah fajar

Arus listrik yang dihasilkan sebuah panel surya adaalah araus searah (DC ) kemudian melalui Charger Controller disimpan ke dalam baterai atau aki. Pada siang hari arus mengisi baterai dan pada malam hari arus dari baterai digunkan untuk menghidupkan peralatan listrik seperti lampu. Arus yang berasal dari baterai tidak mungkin masuk ke panel surya karena sudah ada diode proteksi yang hanya dilewati arus listrik DC dari panel surya ke baterai, bukan sebaliknya.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118 atau Chat WA 085669318076 , transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.