Cara Setting Modul Thermostat Digital Model 8010F


Modul thermostat digital 8010F yang satu ini konstruksinya mirip dengan modul Thermostat Digital model W2028 mrek Xinghe. Tetapi konstruksinya terlihat lebih kokoh  dan beratnya lebih berat dibandingkan modul Thermostat Digital Model: W2028. 

Dibalik kelebihan tersebut modul Thermostat Digital ini memiliki kelemahan yaitu dari segi settingannya, modul Thermostat Digital yang satu ini tidak dapat kita setting dalam presisi dibawah satu drajat celcius. 

Tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah besar bagi kita sebagai penggunanya, ada kemungkinan dibalik kelemahan sedikit tersebut tersimpan suatu manfaat yang lebih besar yaitu menjaga agar kontak relay akan lebih tahan lama karena waktu memutus dan menyambung kontak rerlay relative lebih lama.

Artikel Terkait : Cara Setting Kit Thermostat Digital W1209


Specifications:
Working voltage : AC90V~250V about 10 percent error
Rated current : 10A
power consumption : less than 3W
Measurement range : -50 degree centigrade ~110 degree centigrade
Measurement precision : 1 degree centigrade
Control range : - 50 degree centigrade~110 degree centigrade
Control precision : 1 degree centigrade
Working temperature : -20 degree centigrade~70 degree centigrade
Temperature sensor : NTC 25 degree centigrade=10K B3435
Item size : 8.5x7.5x3.5cm / 3.4x3x1.4in
Item weight : 162g / 5.7oz

Cara Pengaturan Thermostat Digital.

  1. Tekan Set untuk melihat atau mengatur suhu ideal yang diinginkan, tekan + untuk menaikan nilai suhu, atau - untuk menurunkan nilai suhu, kemudian tekan Set kembali untuk menyimpan nilai suhu yang sudah diset.
  2. Untuk masuk ke menu khusus tekan tombol set selama 5 detik, dan akan muncul code settingan, silakan lihat ditabel setting chart yang tersedia berikut.
  3. Untuk merestore ke factory setting: power off module, tekan dan tahan tombol + dan -, kemudian power on module, maka setting akan terestore ke default setting. 

Tabel Pengaturan Thermostat Digital
Keterangan Tabel :
  • HC : Pengaturan apakah thermostat digunakan untuk peralatan Pemanas/pendingin. Simbol Pemanas (H) sedangkan Pendingin (C), jadi jika peralatan kita sebagai pemanas (contoh : mesin tetas) pilihlah H dengan menekan + atau -, demikian sebaliknya.
  • D : Ini berungsi untuk mengatur fluktusi suhu, atau selisih suhu saat relay aktif dengan relay mati. Bisa disetting antara  1–  15 oC, semakin kecil selisih suhu yang kita setting maka semakin tinggi frekuensi hidup atau matinya relay atau peralatan. Standar mesin tetas 0,5 0C.
  • HS : Batas atas suhu yang bisa dikendalikan oleh modul ini yaitu 120 oC ( Tak perlu dirubah).
  •  LS : Batas bawah suhu yang bisa dikendalikan oleh modul ini yaitu -50oC (Tak perlu dirubah).
  • CA : Nilai kesalahan pengukuran, jika terjadi kesalahan pengukuran suhu ubahlah nilainya -1, -2 drajat atau +1, +2 drajat sesuai dengan selisih suhu yang seharusnya. Jika tidak biarkan 0. Baca disini Cara Mengatur Nilai Kesalahan Pengukuran pada thermostat digital.
  • PT : Waktu tunda Start, kalau suhu sudah mencapai batas yang kita setting misalnya suhu maksimal mesin tetas 38 oC, tentu kita tidak perlu waktu untuk mengaktifkan relay supaya mematikan aliran listrik maka nilainya harus diubah ke 0 menit.


Pengaturan Thermostat pada Mesin Penetas Telur

  1. Rakitlah rangkaian Thermostat dengan Mesin Penetas seperti diagram di  atas. Tempatkan modul ditempat yang mudah dijangkau misalnya dibagian depan atas mesin tetas dengan membuat lobang seukuran tampilan depan modul thermostat
  2. Hidupkan thermostat dengan menghubungkannya dengan sumber daya 220  Volt AC pada terminal IN/power seperti gambar di atas. Nanti akan tampil suhu udara dalam ruangan. Letakkan ujung probe yang merupakan sensor di atas dekat dengan telur, letakkan ditengah ruangan dengan posisi menggantung.
  3. Tekan dan tahan tombol SET sekitar 5 detik, akan masuk menu pengaturan  HC, D, HS, LS, CA, PT. Pilih menu HC dengan menekan tombol + atau -. Setelah HC muncul di tampilan lalu pilih H dengan menekan tombol + atau – (di menu HC hanya ada dua pilihan yaitu H/C dari table nilai standarnya C). Dimana H = untuk pemanas, C = Pendingin). Lalu tekan SET lagi untuk menyimpan. Lampu indicator akan menyalah dan ada bunyi “klek” tanda relay bekerja dan pemanas/bolam Mesin Penetas semuanya menyalah
  4. Lalu tekan dan tahan SET kembali lalu pilih D, dengan menekan + atau – ubah nilainya menjadi 1 lalu tekan SET kembali sesaat untuk menyimpan. Angka 1 adalah selisih suhu antara pemanas/bolam mati saat suhu mencapai maksimum dan pemanas/bolam hidup saat suhu minimum. Lalu tekan SET untuk meyimpan settingan.
  5. Kemudian tekan SET sesaaat/sebentar (jangan ditahan lama), akan tampil nilai suhu yang berkedip lalu ubahlah nilainya sesuai kebutuhan mesin penetas, misalnya 38 derajat Celcius dengan menekan tombol + atau -  sampai nilai tersebut. Setelah nilainya 38 simpan settingan dengan menekan tombol SET kembali sesaat.
  6. Mesin Penetas sudah siap digunakan, tunggu suhu Mesin Penetas mencapai suhu settingan tadi yaitu 38 drajat Celcius, ketika angka menyentuh nilai tersebut pemanas/bolam Mesin Penetas akan mati semua. Tunggu sekitar 1-2 menit, perhatikan suhu akan turun menjadi 38 drajat Celcius maka pemanas/bolam akan menyalah kembali. Kejadian ini akan berulang-ulang sehingga suhu pada Mesin Penetas akan stabil antara 37 – 38 drajat Celcius. Menjadi pertanyaan mungkin mengapa selisih 1  drajat naik turunnya suhu Mesin Penetas, kok tidak stabil 38 drajat. Ini karena tadi kita telah mensetting D sebesar 1 drajat.
  7. Jika ada thermometer teman yang sudah terberhasil menetaskan telur dengan persentase penetasan yang baik, sebaiknya bandingkan pengukuran thermometer pada modul dengan thermometer teman tersebut apakah terjadi perbedaan pengukuran. Jika terjadi perbedaan lebih tinggi 1oC pada pengukuran di modul kita tak jadi masalah, misal di modul terbaca 39oC berarti suhu sebenarnya adalah 38oC. Demikian juga sebaliknya. Perbandingan ini penting guna meningkatkan persentase penetasan dari pengukuran suhu yang tepat atau bisa disetting atau disesuaikan melalui menu CA, bisa dikurang atau ditambah.
Artikel Terkait : Cara Setting Modul Thermostat Digital W2028 Xinghe

Saya siap untuk melayani Anda yang berminat pada produk Modul Thermostat Digital 220 Volt AC ini, silahkan hubungi saya di system toko online Oi Shop klik Tokopedia atau Bukalapak  pada pojok kanan bawah artikel ini ya!! Harga : Rp. 175000,-. Bukalapak adalah cara belanja yang aman dan 100% bebas penipuan.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118 atau Chat WA 085669318076 , transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening :

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI. 
Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI

6 komentar:

  1. Klau pasang lampu 4 buah.. Gmana cara nya om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu lebih baik menggunakan thermostat kapsul saja, krn saya pikir ilmu listriknya masih kurang

      Delete
  2. Jika untuk kumbung jamur settingnya gimana om

    ReplyDelete
    Replies
    1. jamur memerlukan suhu berapa drajat? saya sdah kasih lembaran panduan untuk mengubah setttingannya

      Delete
  3. tanya donk master . Saya baru beli termostat model WK7016C1 modelnya mirip Code nya jg mirip . Apakah set nya sama kayak artikelnya master ?
    manualnya bahasa inggris banyak yg g di mengerti soalnya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara settingnya sama tetapi biasanya kode-kodenya saja yg berbeda, jika kodenya sama biasanya cara settingnya juga sama, dicoba saja ya

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.