Kerusakan Tv Kembali Normal jika Digedor atau Diketok-ketok

Kerusakan umum yang sering terjadi pada pesawat tv yaitu pada awalnya menunjukkan gejala kerusakan, tetapi jika digedor atau diketok-ketok  kembali normal kembali. Kerusakan tv seperti ini banyak dialami oleh tv bermrek China dengan umur tv di atas 2 tahun masa pemakaian, ini disebabkan oleh kwalitas solderan yang buruk. Kerusakan tv kembali normal jika digedor atau diketok-ketok dapat juga dialami oleh tv produksi Jepang dan Korea yang telah berumur di atas 5 tahun pemakaian. Bagi teknisi pemula kerusakan seperti ini bikin membingungkan, tetapi untuk teknisi yang sudah berpengalaman kerusakan seperti ini ibaratkan makanan empuk yang lezat dan untuk mendapatkannya tidak buang waktu dan tenaga. Maksudnya adalah kerusakan seperti ini merupakan kerusakan yang sangat gampang diperbaiki dan hasilnya keuntungan yang besar karena tanpa biaya alat dan tenaga juga pikiran.
Kerusakan tv kembali normal jika digedor atau diketok disebabkan oleh banyaknya solderan komponen pada PCB-nya yng sudah retak atau lepas sama sekali, dan ketika kita gedor dan diketok bagian kaki komponen yang terlepas tersambung kembali  sehingga pesawat tv normal kembali, tetapi kejadian ini tidaklah berlangsung lama pesawat tv kembali rusak. Pada kerusakan solderan, kita  tidak perlu melakukan penggantian komponen tetapi untuk teknisi panggilan biasanya melakukan trik seolah-olah ada komponen yang rusak supaya mendapatkan bayaran yang besar, karena pada umumnya teknisi  panggilan melakukan servis diawasi oleh tuannya tv. Tetapi jika ada pembaca yang bukan teknisi yang mau memperbaiki tvnya yang rusak, kerusakan seperti ini cukup gampang diperbaiki dengan peralatan cukup menggunakan solder yang baik dan 1 meter timah solder saja.

Power Regulator ditandai Garis Putih

Cara mendeteksi kerusakan akibat solderan yang retak dan longgar agak berbeda dengan pemeriksaan kerusakan tv akibat kerusakan komponen. Ciri-ciri kerusakan tv pada solderan antara lain :

Televisi hidup jika digedor atau diketok
Gejala kerusakan seperti ini diawali dengan Tv Mati Total atau juga lampu indikatornya yang masih hidup atau hidup tapi kedip-kedip. Bagian yang perlu disolder ulang adalah bagian power suplai atau regulator. Periksa juga solderan pada output regulator, juga kaki-kaki Flyback atau disingkat FBT.

Layar hanya segaris, bisa vertical atau horizontal
Kerusakan hanya garis horizontal bisa terjadi lepasnya solderan pada kaki-kaki IC vertikel , jika garisnya vertical berarti kerusakan pada blok horizontal. Jika kerusakan solderan pada blok horizontal, periksa solderan pada kaki-kaki kapasitor milar, trafo driver horizontal, dan transistor driver juga transistor penguat horizontal.


IC Vertical Pesawat Tv

Suara hilang-hilangan
Kerusakan seperti ini terjadi jika solderan pada IC penguat suara sudah longgar, solder kembali pada semua kaki pada IC penguat suara. Kerusakan seperti ini bias juga disebabkan oleh tidak adanya suplai tegangan ke IC penguat suara. Cara mengetahuinya, ukur tegangan suplai pada IC penguat suara, jika tidak ada maka telusuri sirkuit yang bersumber dari regulator atau dari flyback, mgkin ada komponen yang rusak atau solderannya longgar.

Artikel Terkait : Mencegah Transistor Regulator Rusak Lagi Setelah Penggantian


Sepasang IC Penguat Suara Tv Polytron

Layar berubah gelap atau warna RGB hilang-hilangan
Jika layar kadang-kadang gelap periksa PCB bagian belakang tabung, biasanya soldesan pada G1 longgar. Jika sinyal warna RGB kadang-kadang hilang dan digedor  atau diketok ada, periksa kaki-kaki transistor atau IC RGB mungkin ada solderan yang sudah longgar. Jika bagian PCB RGB sudah disolder ulang masih tidak menelesaikan masalah, solder ulang semua kaki pada IC utama atau IC khroma pesawat tv.



Blok RGB Tv Polytron

Sinyal kurang kuat, jika kabel konektor antenna digoyang kembali bagus
Kerusakan seperti ini biasanya terjadinya pada bagian tuner, buka tutup samping tuner dan perhatikan konektor yang terhubung ke antenna. Konektor tuner ini biasanya solderannya sudah lepas, segera solder ulang dan kemudian tutup kembali penutup samping tuner.


Tuner Pesawat Televisi

Solderan yang akan diulang tergantung pada permasalan yang muncul. Sebagai contoh jika gambar jelek jika konektor antenna disentuh atau digoyang-goyang, ini berarti ada komponen yang longgar. Tentunya kita harus melakukan solder ulang yang berhubungan langsung dengana antenna, tentu saja komponen tunner. Begitu seterusnya untuk kerusakan bagian lainnya. Jadi tidak perlu dilakukan solder ulang semua kaki komponen yang ada pada pesawat tv tersebut.

Artikel Terkait : Cara Memperbaiki Kerusakan Bagian Regulator Tv

Tetapi ada kerusakan yang gejalanya mirip dengan retak atau longgarnya solderan yaitu kerusakan yang disebabkan putus jalur. Kerusakan putus jalur jarang dijumpai tetapi kadang-kadang ada, apalagi pesawat tv pernah diservis. Karena keteledoran teknisi saat memperbaiki pesawat tv dan barang elektronik lainnya menyebabkan putus jalur sirkuitnya. Kerusakan putus jalur ini sangat sukar ditemukan, sehingga kita sebagai teknisi hanya mendapatkan capek tetapi akhirnya duit tidak didapat. Karena bagian putusnya tidak ditemukan pada akhirnya pesawat tv harus diganti dengan mesin baru made in China dengan kwalitas yang sangat buruk.

Saya menjual peralatan Mesin Penetas Telur dan lainnya, Anda yang berminat pada produk Thermostat Cemani dan Thermometer, juga Kit Inverter pengubah tegangan DC ke AC menjadi 220 Volt, Kit Charger Otomatis, dan barang kebutuhan lainnya. silahkan hubungi Toko Online saya klik disini Toko Pedia atau Oi Shop klik Bukalapak.

Atau mau berbelanja secara langsung bisa SMS  (maaf tidak menerima telpon)  ke no. 0819 780 7118, transfer Harga Barang + Ongkos Kirim ke rekening 

BRI 5647 0101 7545 537 An. ASRI

Mandiri 112 00 1202 7723 An. ASRI




2 komentar:

  1. Cukup mmbantu, namun akan lbih baik jika di rinci lbih jelas cara mngatasi masalah krusakan satu persatu, bagi teknisi ini gampang, tp bagi org umum yg ingin mmperbaiki sendiri rada bingung, alat2 nya yg mana aja yg harus di cek,,
    Dan bagaimana caranya, tp klo hnya mmberi gambaran saja, ini sdh ckp mmbantu, tp blm mnyelesaikan,
    Terimakasih bloger

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.